Microsoft Ingin Buat Perangkat Streaming Game Xbox yang Bisa Ditancap ke TV/Monitor

in , ,
Streaming Game Xbox
Streaming Game Xbox

Beberapa hari sebelum siaran langsung E3 Microsoft, para eksekutif dari perusahaan membahas bagaimana masa depan Xbox dan membacakan komentar yang telah disiapkan oleh communication team.

Dalam briefing media yang telah direkam sebelumnya, Phil Spencer selaku Kepala Xbox, dan Satya Nadella sebagai CEO Microsoft  serta yang lainnya membicarakan tentang seberapa baik kinerja Game Pass dan Azure. Dalam siaran yang dirangkum pada situs Xbox tersebut mereka juga menjelaskan tentang cloud gaming dan strategi berlangganannya.

Langganan Game Pass Ultimate untuk Akses Cloud Gaming

Xbox baru-baru ini dikabarkan ingin bekerja sama dengan produsen TV Global untuk bisa memasukkan layanan Xbox Game Pass ke Smart TV. Kebetulan Xbox Game Pass memiliki fitur untuk bisa membuka adanya akses secara Cloud, alias sebuah Fitur yang memungkinkan pemain bisa memainkan game tanpa menggunakan konsol. Selain itu, Microsoft secara resmi juga ingin merancang sebuah perangkat ala-ala “streaming sticks” yang dikhususkan untuk video game.

Xbox Video Game Streaming Sticks 1

Liz Hamren sebagai CVP dari gaming experiences dan platform mengatakan “Kami juga mengembangkan perangkat streaming mandiri yang dapat dipasangkan ke TV atau monitor. Jika Anda memiliki koneksi internet yang kuat, Anda dapat menikmati streaming Xbox.” Belum ada informasi lengkap terkait kapan aplikasi Smart TV ataupun hardware untuk streaming akan diluncurkan, tetapi sepertinya tidak akan terlalu lama.

Dalam beberapa minggu ke depan, semua pelanggan Game Pass Ultimate yang berjumlah sekitar 18 juta akan memiliki akses ke Cloud Gaming berbasis browser. Browser yang bisa digunakan seperti Chrome, Edge dan Safari. Fitur ini diluncurkan masih dalam bentuk versi Beta di bulan April yang lalu. Hal ini juga akan memberikan akses game Cloud di iOs melalui aplikasi progressive web.

Dijelaskan juga bahwa dalam beberapa minggu ke depan akan ada peningkatan pada load times, serta framerates. Microsoft juga melakukan peningkatan pada game generasi selanjutnya di seluruh data centers. Hingga kini, Xbox Cloud gaming telah didukung oleh server blade berbasis konsol Xbox One S. Dengan perpindahannya ke generasi baru untuk mendukung streaming pada perangkat layar yang lebih besar, Microsoft mengganti banyak unit dengan blade yang berdasarkan pada series console.

Negara yang akan Mendapatkan Akses Cloud Gaming

Xbox Video Game Streaming Sticks 2

Akhir tahun ini, cloud gaming akan tersedia dengan berlangganan Game Pass Ultimate di Australia, Brazil, Meksiko dan Jepang. Selain itu, Microsoft juga akan mengintegrasikan game cloud ke aplikasi Xbox di PC dan meluncurkan fitur cloud di console Xbox seperti “try before you download”.

Microsoft berencana untuk memperluas program Xbox All Access. Hal ini memungkinkan kamu untuk membeli console Xbox Series terbaru dan berlangganan Game Pass Ultimate seharga $25 per bulan selama dua tahun. Serta merilis setidaknya satu judul baru dari pihak pertama ke dalam Game Pass Library setiap kuartalnya.

Strategi dari generasi kesembilan Microsoft ini menarik perhatian publik karena berbeda jauh dengan pesaingnya, Sony. Sementara PlayStation 5 mengikuti jalur peningkatan konsol tradisional, high power, serta exclusive software. Xbox Series X dan S merupakan “wadah” untuk berlangganan Streaming Game Pass. Dengan memanfaatkan jaringan Azure yang besar, hal yang tidak dapat dilakukan oleh Sony.

Delapan tahun yang lalu, Spencer meluncurkan console yang akan selalu Online. Dirancang dengan pertimbangan unduhan game digital dan media streaming. Saat itu, baik pemain maupun jaringan broadband bersiap untuk membuat perubahan pada physical disk. Namun, saat ini cerita tersebut sudah berbeda.

Xbox Video Game Streaming Sticks 3

The Xbox & Bethesda Game Showcase akan dimulai pada Minggu, 13 Juni pukul 1PM Eastern Time. Berdurasi Selama 90 menit, termasuk di dalamnya informasi terkait software dan fresh trailer dari studio pihak pertama dan ketiga. Bisa dibilang ini merupakan Live Streaming terbesar dari E3 2021.

Sebuah improvement yang luar biasa dari Microsoft. Jangan lupa sisihkan uangmu untuk biaya berlangganannya dan pastikan Negara kamu masuk dalam list yang dapat mendapatkan aksesnya, ya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game atau artikel lainnya dari Elvina Yanti. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Elvina Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published.