Microsoft Revisi Dukungan CPU yang Kompatibel dengan Windows 11

Microsoft Dukungan Windows 11

Seperti yang dilansir dari Wccftech, baru-baru ini Microsoft melakukan revisi dukungan Windows 11 ke beberapa CPU Intel Generasi Ke-7. Revisi ini dilakukan oleh pihak Microsoft untuk sistem operasi terbarunya yang rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Sistem operasi yang dibuat Microsoft sebagai pengganti Windows 10 ini ternyata cukup populer, namun bagaimana dengan kompabilitas perangkat yang kita gunakan? Yuk, cek di bawah.

Hanya CPU Intel Tertentu Yang Lolos Seleksi

Microsoft telah bekerja sama dengan Intel dan AMD untuk melihat kemungkinan penambahan Intel Generasi Ke-7 dan AMD Generasi Pertama. Daftar CPU yang ada direvisi ulang oleh pihak Microsoft, dan kini telah diterbitkan pada situs resimnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua CPU Intel Generasi Ke-7 yang kompatibel, hanya menyisakan CPU High-End Desktop (HEDT).

Untuk kompabilitasnya, bisa mengacu pada gambar di bawah ini.

Seperti yang dapat kita lihat di atas, sebagian besar CPU Intel HEDT Generasi Ke-7 kompatibel dengan Windows 11. Intel berharap Microsoft dapat menambahkan jajaran Xeon W (Workstation) tertentu ke daftar dukungan Windows 11, namun sampai saat ini belum dikonfirmasi Microsoft.

Microsoft menyertakan Intel Generasi Ke-7 ini dikarenakan Microsoft Surface 2 menggunakan Intel Core i7-7820HQ yang merupakan bagian dari Kaby Lake. Melihat hal ini, dalam waktu dekat dipastikan Microsoft akan memperluas dukugan Windows 11 ke model Surface dan Surface Studio.

AMD Generasi Pertama Tidak Lolos Seleksi

Setelah evaluasi dari pihak Microsoft, ada kabar buruk bagi para pengguna AMD Generasi Pertama. Microsoft tidak akan menambahkan AMD Generasi Pertama ke daftar dukungan Windows 11, setidaknya untuk saat ini. Dapat disimpulkan bahwa pemiliki CPU Ryzen dan Threadripper Generasi Pertama tidak akan dapat menggunakan Windows 11 secara resmi.

Menurut sebagian orang, hal ini dirasa sangat menyebalkan dan unfair mengingat CPU Ryzen dan Threadripper dirilis setelah Intel Generasi Ke-7. Meskipun demikian, pengguna AMD Generasi Pertama dapat melakukan instalasi atau upgrade secara manual walaupun tidak didukung oleh Microsoft itu sendiri.

Setidaknya selama persyaratan sistem dasar terpenuhi, pengguna AMD Generasi Pertama masih dapat mencoba Windows 11. Namun hal ini sangat tidak disarankan, mengingat dukungan pembaruan akan sangat terbatas dan kemungkinan terjadinya permasalahan kompabilitas yang mungkin terjadi.

Gimana menurut kalian, brott? Kami merasa bahwa daftar kompabilitas yang disertakan oleh pihak Microsoft belum final, dan kemungkinan akan berubah seiring waktu. So, stay tuned dengan berita terbaru dan terhangat dari kami.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version