Microsoft Segera Cabut ‘Cortana’ dari Aplikasi Microsoft Launcher di Android

in ,

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) terkadan membantu mempermudah pekerjaan kita dalam hal tertentu. Salah satunya adalah sebagai asisten untuk perangkat pintar/smartphone. Seperti yang kita ketahui, di smartphone sendiri memiliki beberapa asisten yang mempermudah penggunaan kita seperti Google Assistant di perangkat Android sementara itu ada Siri di iOS. Meskipun dua asisten tersebut begitu populer, namun masih ada satu lagi yaitu Cortana yang merupakan buatan Microsoft.

Berbicara tentang Cortana, ada kabar yang kurang mengenakan terkait asisten besutan Microsoft ini. Pertama kali hadir di ponsel dengan sistem operasi Windows Mobile, ternyata tidak bertahan seterusnya. Bahkan beberapa waktu yang lalu, Microsoft mencopot asisten yang namanya diadaptasi dari game berjudul Halo ini dari ponsel bermerk Nokia karena fungsinya sudah tidak berjalan semestinya.

Kali ini Microsoft seperti malaikat pencabut nyawa dan berencana untuk mencabut Cortana sekali lagi dari Microsoft Launcher, yang merupakan aplikasi ‘launcher‘ di smartphone Android. Seperti yang dilansir dari EngadgetMicrosoft Launcher kedepanya tak lagi menggunakan asisten Cortana per akhir bulan April mendatang. Menurut perusahaan yang di nahkodai Bill Gates ini ingin membuat Cortana lebih baik lagi dan berjalan tanpa cacat sebagai pembaharuan/update gratis di versi terbaru Windows 10 musim semi ini.

Jadi bisa disimpulkan kita tak bisa lagi bertemu dengan Cortana di smartphone mengingat Microsoft telah berhenti memberikan dukunganya pada perangkat tersebut. Untuk selanjutnya kita tinggal menunggu kabar apakah Cortana yang hadir di update selanjutnya Windows 10 akan lebih baik dari sebelumnya.

 

 

Sumber: Engadget

 


Mau baca artikel seputar teknologi hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi