Microsoft Sempat Mencoba Beli Nintendo, Justru Ditertawai Selama Meeting

7 Microsoft Nintendo Buyout Acquisition C82tynm

Microsoft lagi aktif membeli studio dalam beberapa tahun terakhir mulai dari indie hingga publisher raksasa seperti Bethesda. Hal ini dilakukan mereka untuk mengisi kekosongan game first-party dalam satu generasi terakhir ditambah dengan franchise andalan mereka seperti Halo dan Gears of War sudah tidak lagi seheboh masa emasnya.

Namun yang menarik ialah ini bukan kali pertama Microsoft aktif belanja studio. Pada tahun 2000, mereka melakukan hal serupa untuk persiapan console perdana mereka yaitu Xbox, dan salah satu yang menjadi target pembelian mereka ialah Nintendo. Menurut Kevin Bachus, tim pertama Xbox kepada Bloomberg, Nintendo hanya dapat tertawa menerima tawaran akuisisi mereka tersebut.

“Steve [Ballmer] membuat kami bertemu dengan Nintendo untuk melihat apakah mereka mau diakuisisi. Mereka hanya tertawa keras. Bayangkan saja satu jam seseorang menertawaimu. Begitulah meeting kami pada saat itu,” curhat Kevin akan ceritanya.

Meskipun menjadi bahan tertawaan, Microsoft sangat berambisis dengan pengembangan Xbox hingga tetap ingin membentuk kerja sama dengan perusahaan console Jepang tersebut, sayangnya tidak ada hasil apapun dari meeting.

“Kami punya [console] Nintendo di gedung kami di Januari 2020 untuk menjelaskan detil akan kerja sama yang kami ajukan dimana kami akan berikan semua aspek spefisikasi teknis dari Xbox. Maksud kami saat itu ialah hardware mereka buruk, dibandingkan dengan Playstation milik Sony, console mereka benar-benar payah, jadi idenya saat itu ialah, ‘dengarkan kami, kalian jauh lebih baik untuk urusan gaming lewat Mario dan segala macamnya. Kenapa tidak biarkan kami mengurus hardware?’ Sayangnya tawaran tersebut tidak berhasil,” lanjutnya.

Tak hanya Nintendo yang Microsoft coba beli saat itu. EA, Midway dan Square Enix juga masuk dalam wishlist belanja mereka. namun tampaknya tiada yang berhasil. Gagal membeli Nintendo, Microsoft justru berhasil membeli studio second-party kesayangan Nintendo yaitu Rare Studio. Kini mereka masih menjadi studio first-party dari Microsoft dan tengah kerjakan game berjudul Everwild.


Exit mobile version