Microsoft Tunda Dukungan Aplikasi Android pada Windows 11

Microsoft Tunda Android Native Support

Setelah sebelumnya Windows 11 direncanakan akan dapat menjalankan aplikasi Android, kali ini pihak Microsoft terpaksa menundanya. Dukungan aplikasi Android secara native pada Windows 11 ini seharusnya menjadi kelebihan dari sistem operasi teranyar Microsoft yang akan rilis pada 5 Oktober mendatang.

Dukungan Yang Masih Belum Sempurna

Dilansir dari WindowsLatest, Windows 11 Build 22000.168 baru-baru ini hadir dengan semua fitur barunya, namun tanpa dukungan aplikasi Android. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa dukungan Android dan permasalahan kompatibilitas antar aplikasi yang masih belum bisa berjalan dengan lancar.

Dukungan aplikasi Android yang pertama kali disinggung pada 24 Juni 2021 ini sepertinya membutuhkan lebih banyak waktu dalam pengembangannya. Meskipun demikian, Microsoft sampai saat ini tidak pernah sekalipun memberikan beta-testing dukungan aplikasi Android ini ke ranah publik.

Diharapkan bahwa dukungan aplikasi Android ini muncul pada awal tahun 2022. Namun, belum jelas apakah fitur tersebut ke depannya akan hadir sebagai update Windows 11 atau tidak. Terdapat pula kabar bahwa kemungkinan dukungan aplikasi android pada Windows 11 ini baru rilis pada kuartal kedua pada tahun 2022.

Perbaikan Dalam Subsistem?

Dengan cara kerja yang kurang lebih mirip seperti Windows Subsystem for Linux (WSL), Microsoft saat ini tengah menyempurnakannya. Dengan diintegrasikan ke dalam sistem operasi, subsistem inilah yang akan menjadi jembatan antara aplikasi asli dan model aplikasi Android.

Perbaikan dalam subsistem ini tentu menyasar kepada kestabilan dan kompatibilitas sehingga memperkecil kemungkinan adanya permasalahan di kemudian hari. Sebuah langkah yang wajar diambil oleh raksasa biru ini untuk mengurangi bug yang akan membuat mereka sibuk memperbaikinya.

Selain itu, berbeda dengan emulator yang biasa kita temui dan gunakan, subsistem Android Windows 11 ini diklaim lebih cepat dan responsif. Kolaborasi Microsoft dengan Intel di Bridge Technology ini memungkinkan siapapun menjalankan aplikasi seluler di perangkat x86.

Nah, kira-kira itulah informasi terbaru terkait ditundanya dukungan aplikasi Android pada Windows 11 ini. Semoga dengan ditundanya ini, kita bisa menggunakan aplikasi Android dengan lancar dan bebas masalah ya, brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version