Drama Microtransaction Star Wars Battlefront II Sudah Dikalkulasikan EA?


Add Friend
Seseorang “bongkar” cara bisnis yang mereka lakukan.

EA selalu membawa kontroversi di balik bisnis yang dilakukannya, mulai dari Season Pass, DLC, hingga yang terbaru, loot box yang sangat kontroversial sudah mereka lakukan. Hal ini ditanggapi oleh banyak gamer sebagai sesuatu yang negatif, dan sepertinya EA memanfaatkan pendapat negatif tersebut untuk melakukan riset akurat demi merogoh kocekmu lebih dalam. Bagaimana caranya?

Seorang user reddit bernama Feminymphist yang mengaku sebagai ‘Public Relation media elektronik’ “membongkar” bisnis yang EA lakukan. Melalui postingannya di reddit, ia membeberkan semua cara kerja EA untuk merubah progression system Star Wars Battlefront II.

Disebutkan bahwa EA melakukan ratusan jam untuk mengetes dan meriset cara paling akurat untuk mendapatkan uang dari kantongmu. Saat melakukan riset tersebut, EA tidak akan mempedulikan komplain yang diberikan oleh para player, mereka akan benar-benar memperbaikinya apabila perbaikan tersebut benar-benar efektif seperti yang dikatakan oleh orang-orang bagian marketing dan akuntan EA. Dengan cueknya EA, maka player akan berhenti memainkan gamenya, dan resiko ini memang telah dikalkulasi oleh EA.

BACA JUGA  Lead Animator Anthem Tinggalkan BioWare


Untuk memperbaiki hal tersebut, EA melakukan teknik yang mereka sebut sebagai “making the outrage outdated” (atau secara harfiah, membuat kemarahan ketinggalan zaman). Hal inilah yang dilakukan EA saat beta Star Wars Battlefront II. Seperti yang telah kamu ketahui, beta Star Wars Battlefront II dipenuhi dengan amarah para fansnya terkait loot box seolah “sirna” setelah banyak media memberitakan tentang “perubahan” yang dilakukan EA. Semua jadi fokus pada “perubahan” tersebut yang membuat EA secara tidak langsung mengontrol produknya secara naratif tanpa kehilangan uang atau membuat perubahan yang begitu signifikan. Faktanya, perubahan yang mereka lakukan tidak merubah dan sangat berpotensi untuk menghancurkan gamenya.

Ia kemudian membandingkannya dengan Ubisoft yang melakukan hal tersebut dengan lebih elegan dengan tidak memperbolehkan player untuk membeli loot box Assassin’s Creed Origins menggunakan uang asli. Namun pada kenyataannya, kamu tidak bisa membeli loot boxnya saat pre-release gamenya saja. Mereka tidak perlu menggunakan cara EA di atas karena mereka telah mengontrol produknya secara naratif sejak awal.


Credit: YongYea

Cara tersebut bekerja dengan sangat efektif karena dua alasan, yang pertama adalah para jurnalis yang mengcover berita tersebut hanya akan melakukan follow-up berita tanpa melakukan riset sama sekali terkait perubahan yang dilakukan akan efektif atau tidak (karena jelas, aturan berita jurnalistik lebih mengacu ke fakta dan tidak boleh dicampur dengan opini jurnalis). Alasan kedua adalah fans setia yang berusaha mencari celah untuk memaafkan EA setelah mereka memutuskan untuk tidak membeli gamenya.

BACA JUGA  Need For Speed Payback Tunjukkan Keseruan Campaign-nya di Trailer Terbaru

Sebelumnya ia juga mengatakan bahwa EA akan melakukan perubahan dengan menurunkan harga hero atau loot box dimana hal tersebut sudah terjadi seperti yang kami beritakan di artikel kami sebelumnya dimana EA menurunkan harga hero Star Wars Battlefront II. Hal ini dikarenakan progress yang dilakukan untuk membuka satu hero selama 40 jam telah “diubah” oleh EA. Membuat semua player akan fokus pada berita perubahan tersebut dan menganggap “EA menjadi kawan para gamer”. Membuktikan teknik “making the outrage outdated” berhasil di komunitas, dimana semua komplain mereka telah “ketinggalan zaman” karena “perubahan” yang dilakukan EA tersebut.



Strategi ini dikatakan adalah strategi yang sangat umum dilakukan untuk membuat skandal finansial secara langsung. Mereka akan “sedikit mengurangi penderitaanmu” dan berharap kamu tidak akan menghitung atau melakukan riset dari “pengurangan penderitaan” yang telah mereka lakukan.

BACA JUGA  EA Akuisisi Developer Titanfall, Respawn Entertainment

Terakhir, ia menambahkan bahwa orang-orang EA akan melakukan hal yang lebih parah dari “mencuekkan”-mu, yakni dengan menambahkan sentimen negatif yang mereka dapatkan saat ini ke riset dan tes marketing yang telah mereka implementasikan beberapa tahun sebelumnya. Hal ini memberikan mereka cara baru yang akan mereka lakukan dengan menambahkan sentimen negatif yang mereka dapatkan, salah satunya adalah membuat formula baru seperti menurunkan harga microtransaction menjadi sekitar 1.5% misalnya.

Beberapa perubahan seperti yang sebelumnya kami beritakan yakni menurunkan harga hero Star Wars Battlefront II yang membuat waktu grinding turun sekitar 10-15 jam juga efek dari strategi EA tersebut. Ia juga mengatakan bahwa waktu grinding dan penurunan harga hero tersebut dibarengi dengan penurunan coin dan hadiah yang kamu dapatkan, membuat perubahan tersebut tidak begitu signifikan dari sebelumnya. Bagaimana menurutmu? Apakah cara ini benar-benar masuk akal buatmu dan sesuai dengan kenyataan yang ada?