[Opini] Midnight Club 3: Dub Edition PS2 Masih Menjadi Salah Satu Seri Midnight Club Terbaik

Midnight Club 3

Midnight Club 3: Dub Edition PS2 – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa era game balapan arcade terbaik jatuh pada era PS1 dan PS2. Apalagi pada saat itu, game Need For Speed memang sedang lagi masa kejayaannya di rental PS terutama Need For Speed Most Wanted. Sang publisher ternama yaitu Rockstar Games pun melihat kesempatan ini dengan ikut terjun ke dunia balap ini dengan mengeluarkan game balapan andalan mereka yaitu Midnight Club.

Seri pertama Midnight Club sendiri dirilis pada tahun 2000 yang dikerjakan oleh Angel Studios. Karena game ini kurang begitu populer dikalangan gamer, Rockstar Games pun melanjutkan seri kedua game balap ini yang dikeluarkan pada tahun 2003. Dua tahun setelahnya mereka langsung mengeluarkan seri ketiga game ini dan langsung menarik minat para gamer untuk mencoba game ini. Bahkan game ini cukup ramai dimainkan di tempat rental PS lho!

Alasan Mengapa Midnight Club 3: Dub Edition Masih Menjadi Seri Midnight Club Terbaik

Alasan Kenapa Game Mobil Balap Ini Salah Satu yang Terbaik di Serinya

Ada beberapa alasan mengapa game Midnight Club 3: Dub Edition menjadi seri game terbaik di sekuel nya. Kalian penasaran? Oke, langsung saja kita bahas!

Balapan Yang Menggunakan Sistem Checkpoint

Kejar Checkpoint

Bagi kalian yang sudah sering memainkan game GTA San Andreas sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan lagi maksud dari kata checkpoint disini. Daripada menggunakan dinding pembatas berbentuk panah seperti game NFS, lebih baik menggunakan sistem checkpoint. Maksud dari sistem checkpoint disini adalah dimana kalian balapan dari satu titik ke titik lainnya.

Kelebihan dari sistem ini adalah kalian bisa menentukan sendiri jalan mana yang kalian akan lalui, shortcut mana yang harus diambil dan menentukan jalan mana yang lebih pas untuk menggunakan nitrous karena di game ini, nitrous bersifat single use jadi kalian harus bijak dalam menentukan kapan dan di jalan mana kalian harus menggunakannya.

Pilihan Modifikasi Yang Sangat Liar

Bisa Modif Sesuka Hati

Harus diakui, pada zaman PS2 game balap ini adalah game yang paling banyak menawarkan opsi modifikasi yang paling ‘liar’ di masanya. Bahkan bila dibandingkan dengan NFS sekalipun, Midnight Club 3 ini masih mendominasi untuk segi pilihan modifikasi.

Bagaimana tidak, di sini kalian bisa melakukan hal yang sangat ekstrim seperti membuat mobil semakin ceper dengan mengecilkan ukuran roda, custom nama di kaca depan dan belakang sesuai font yang kalian mau, lampu neon yang bisa kalian beri warna sesuka hati dan mengganti level kecepatan kedipan lampu dan masih banyak lagi hal yang bisa kalian lakukan.

Setiap Tipe Kendaraan Memiliki Skill nya Sendiri

Ada SUV Coy!

Ada berbagai macam tipe kendaraan dan tier class yang ada di game balap ini. Seperti tuners, muscle, luxury, SUV dan choper. Ada 3 macam skill yang ada di Midnight Club 3 ini. Tuners adalah tipe kendaraan yang memiliki handling yang lincah dan memiliki skill memperlambat waktu, SUV adalah tipe kendaraan yang berbentuk besar sehingga bisa menabrak mobil lain tanpa takut terbalik. Dan tipe seperti muscle memiliki skill bernama roar yang bisa mengeluarkan efek gelombang suara yang dapat menerbangkan musuh disekitarnya.

Dari penjelasan diatas, kembali lagi kepada selera kalian mau memakai tipe kendaraan apa dan skill apa yang kalian butuhkan. Namun, saran penulis adalah kalian setidaknya mesti punya lebih dari satu kendaraan agar bisa memudahkan kalian untuk menyelesaikan setiap balapan yang ada.

Ada Motor!

Bisa Pake Motor Coy!

Dari tadi penulis selalu menulis kata kendaraan dan bukan mobil. Ini karena di Midnight Club 3 sendiri memiliki motor yang bisa dipakai untuk balapan. Keuntungan besar dari menggunakan motor selain dari harganya yang murah, bisa untuk menyalip kendaraan lain dan masuk shortcut dengan mudah.

Namun, kelemahan terbesar dari motor itu sendiri adalah sangat gampang untuk jatuh. Jadi jika kalian untuk memutuskan untuk menggunakan motor sebagai kendaraan utama kalian, pastikan kalian sudah ahli dulu untuk menggunakan motor di game ini.

Bisa Pindah Kota!

Gerbang Buat Pindah Kota

Midnight Club 3 sendiri menyediakan 3 kota yang bisa kalian jelajahi yaitu San Diego, Atlanta dan Detroit dan 1 kota eksklusif jika kalian memiliki versi remix yaitu Tokyo. Untuk Ukuran kota di game ini tergolong cukup besar dan bisa kalian hapal.

Bahkan di game ini juga memiliki logo Rockstar yang tersebar disetiap map di game ini untuk mendapatkan item spesial. Kalian akan bisa menguasai kota San Diego dengan gampang, namun ketika sudah memasuki Atlanta dan Detroit, disitulah kemampuan kalian akan diuji. Namun, justru disinilah letak keseruan dari game balap ini karena lokasi kotanya tidak monoton.

Jadi itulah beberapa alasan mengapa game Midnight Club 3: Dub Edition adalah game yang terbaik di seri nya. Sebenarnya masih banyak lagi alasan mengapa game balap ini begitu bagus untuk dicoba. Sebagai anak rental sejati, apakah kalian memiliki alasan lain mengapa game ini bagus? Dan apakah kalian sudah pernah mencapai progress 100% di game ini? Silahkan ceritakan di kolom komentar.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game PS2 atau artikel keren lainnya dari Ifan Frans. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version