miHoYo: Zhongli Itu Support, Bukan DPS

Zhongli Genshin Impact
miHoYo berikan penjelasan tentang Zhongli.

Update 1.1 Genshin Impact telah berjalan selama beberapa hari. Melalui update ini, character banner akhirnya diganti dengan versi baru. Banner tersebut akan berikan kesempatan tinggi untuk dapatkan dua karakter baru yakni Zhongli (bintang 5), dan Xinyan (bintang 4), bersama beberapa tokoh lain seperti Chongyun dan Razor.

Namun sepertinya banyak fans yang kecewa dengan keberadaan Zhongli. Pasalnya Zhongli tak miliki damage yang tinggi jika dibandingkan karakter bintang lima lainnya. Tak sedikit player yang menyuarakan pendapatnya tersebut.

Bahkan player China sendiri geram dan sempat buat teori cocoklogi, bahwa karakter representasi negara tirai bambu tersebut cerminkan ketidak patriotisan miHoYo kepada negaranya sendiri. Mereka seolah lupa bahwa game RPG dengan banyak tokoh sejatinya miliki role yang berbeda-beda, entah itu DPS (Damage Per Second, bukan Damage Paling Sakit), tank, support, assassin, hingga healer.

Namun bagi mereka, Genshin Impact seolah dianggap sebagai game dengan banyak karakter DPS. Bahwa bintang 5 harus DPS, miliki damage yang besar. Sayangnya, miHoYo tak sependapat dengan mereka saat mengembangkan Zhongli.

miHoYo menjelaskan bahwa Zhongli memang dibuat sebagai karakter support dari awal. Rolenya bukan sebagai damage dealer seperti nyaris semua karakter dalam Genshin Impact, tapi melindungi semua partynya dan mengontrol pergerakan musuh.

Skill elemen dan burst milik Zhongli juga dibuat agar ia bisa melindungi semua karakter dalam party player tanpa harus terus-terusan tergantung pada elemental reaction, senjata, maupun equipmentnya. miHoYo juga jelaskan melalui data mereka sendiri di mana banyak player lebih jarang mati dengan adanya Zhongli di partynya.

Meskipun begitu miHoYo masih akan menganalisa data agar tiap karakter miliki rolenya masing-masing termasuk Zhongli. Dengan kata lain, kemungkinan ia akan dibuff atau balance menjadi lebih besar di masa datang.

Seperti yang telah kita ketahui Zhongli merupakan karakter yang fokus pada defense, shield regen, damage burst, dan tanking. Di atas kertas, tokoh yang termasuk archon atau dewa dari Liyue tersebut miliki defense di atas rata-rata, kemampuan perisainya sendiri bahkan mampu berikan proteksi penuh tanpa memberikannya damage sama sekali. Membuatnya sangat cocok untuk dijadikan tank maupun support.

Di akhir pernyataannya, miHoYo sebut bahwa mereka paham akan keberadaan bug Zhongli dan berjanji akan memperbaikinya pada tanggal 10 Desember 2020 dengan kompensasi. Bug ini membuat efek elemental burst dari Stone, the Cradle of Jade yang berada di constellation level 2 Zhongli tak bisa berikan damage boost dari efek elemental resonance dari Enduring Rock level 2 constellation.


Baca lebih lanjut tentang Genshin Impact, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version