Minim Stock, Harga Graphic Card Diperkirakan Akan Naik Lagi Bulan Ini

hvghgvh

Harga graphic card baik Nvidia maupun AMD telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan mulai awal hingga pertengahan tahun ini. Dan terima kasih kepada para crypto miner yang telah memborong graphic card tersebut dalam jumlah yang tidak umum sehingga persediaan graphic card pun semakin menipis dengan semakin bertambahnya waktu. Dengan stock yang minim para produsen graphic card pun akhirnya memutuskan untuk menaikkan (lagi) harga graphic card mereka secara global untuk menghadapi permintaan yang mulai membeludak karena libur musim dingin yang akan tiba sebentar lagi .

Dilansir oleh DigiTimes, Nvidia secara jelas akan menaikkan harga seluruh line up dari GTX 10 Series mereka dalam beberapa minggu ke depan. Belum ada keterangan jelas seberapa besar kenaikan yang akan terjadi namun diperkirakan akan naik sekitar 10%, dengan kemungkinan akan lebih tinggi untuk graphic card yang paling banyak dibeli seperti GTX 1060 dan GTX 1050ti. AMD pun kelihatannya juga akan mengalami hal yang serupa meskipun belum ada keterangan apakah mereka hanya akan menaikkan harga untuk beberapa model saja atau menaikkan seluruhnya seperti Nvidia.

Di sisi lain, kenaikan harga graphic card ini juga disebabkan dengan naik serta dipotongnya suplai dari RAM yang digunakan untuk graphic card. RAM yang diproduksi oleh Samsung dan SK Hynix tersebut kini juga mengalami kenaikan harga hingga 30% karena pemfokusan produksi ke handset dan server.

Jadi, bagi kamu yang berkeinginan untuk membangun PC, ataupun membeli Graphic Card untuk PCmu maka kamu kini memiliki 2 pilihan. Segera beli sekarang sebelum harganya benar-benar naik, atau urungkan dulu niatmu untuk beberapa bulan ke depan hingga harganya dapat stabil kembali.

Exit mobile version