Minimalisir Malware, Kini Semua Chrome Extension Harus Lulus Uji Keamanan

Chrome Extension

Kehadiran dari Chrome Extension biasanya kerap dibutuhkan untuk kian meningkatkan pengalaman user berselancar di dunia maya. Namun, tidak semua ekstensi yang tersedia benar-benar aman untuk digunakan para user, karena ada saja ekstensi yang sengaja disusupi malware.

Semua Chrome Extension Harus Lulus Uji Keamanan

Memberi rasa aman kepada user

Sebuah sistem terkadang memiliki celah keamanan untuk kemudian dimanfaatkan oleh oknum nakal untuk kepentingannya sendiri, merugikan orang lain. Tidak hanya di aplikasi penting saja, namun di aplikasi sehari-hari yang kita gunakan, terkadang tidak kita sadari telah disusupi malware.

Meski untuk lolos verifikasi Chrome Web Store termasuk ketat, namun tidak menghentikan para oknum nakal untuk mencari cara memasukkan malware ke dalam Chrome Extension. Umumnya, kehadiran ekstensi biasanya untuk meningkatkan pengalaman user berselancar di dunia internet saat gunakan browser tersebut.

Melansir informasi PCWorld, kini Chrome Extension harus lulus uji keamanan, demi meminimalisir potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Cara kerjanya termasuk simpel, di mana ekstensi yang berbahaya akan langsung ditandai ‘berbahaya’ bila memang terindikasi miliki malware di dalamnya.

Masih Terbatas di Chrome Web Store Saja

Bisa ditinjau user untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan

Pendeteksian malware pada Chrome Extension tentunya merupakan hal baik dan harus menjadi standar keamanan ke depannya. Sayangnya, implementasi dari uji keamanan ini masih terbatas di Chrome Web Store saja.

Walau ini berarti user masih berkemungkinan untuk terkena infeksi atau serangan malware dari oknum nakal, setidaknya Chrome sudah berusaha untuk meminimalisir potensi masalah tersebut dengan mengajak para user secara tidak langsung manfaatkan ekosistem ekstensi yang dikelola oleh Chrome.

Meminimalisir invasi malware

Masih berdasarkan informasi dari situs di atas, Chrome akan memiliki kemampuan untuk memiliki kemampuan pengujian keamanan ekstensi mulai versi 11, yang dapat kamu akses lalui jendela pengelolaan ekstensi.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version