Minimnya Pasokan Foil Tembaga Bakal Ikut Berimbas ke Naiknya Harga GPU dan Motherboard

Copper Foil Shortage

Seakan belum cukup imbas dari chip shortage yang tengah melanda dunia perkomputeran, kali ini kita dihadapkan permasalahan lain. Adalah terjadinya copper foil shortage, yang kemungkinan besar akan berimbas pada harga GPU dan komponen elektronik pada umumnya.

Harga Kemungkinan Akan Naik

Seperti yang dilansir dari TomsHardware, komponen yang digunakan untuk membuat printed circuit boards (PCB) pasti akan terkena imbasnya. Hal ini juga dipastikan menjadi sebab mengapa komponen seperti motherboard dan GPU akan mengalami kenaikan harga.

Masih berdasarkan Toms, harga tembaga naik dari 110an Juta pada akhir tahun 2020, menjadi 130an Juta per 28 September 2021. Artinya, terdapat kenaikan harga sebesar 35% semenjak akhir tahun 2020 silam. Terlebih seperti saat ini, dimana supply-and-demand tidak terpenuhi dengan baik, sehingga terjadi lonjakan harga.

Sekarang, harga copper clad laminates (CCL) yang merupakan komponen dasar untuk membuat PCB, meningkat karena biaya copper foil dan energi. Efek ini jelas akan sangat berimbas pada dunia perkomputeran, karena motherboard dan GPU menggunakan PCB berukuran lebih besar dan kompleks.

Bukan Hal Yang Mengkhawatirkan?

Memang, hal ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, setidaknya bagi para pengguna motherboard dan GPU mahal. Namun hal ini akan sangat berimbas pada sebagian komponen yang awalnya menawarkan harga terjangkau, terpaksa sedikit menaikkan harganya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan MacroTrends, setidaknya akan terjadi lonjakan harga setidaknya sebesar 10%. Kenaikan harga tersebut juga dikabarkan hanya akan berimbas pada komponen low-end dengan rentang harga di bawah 3 Juta.

Sedangkan untuk motherboard high-end dengan rentang harga di bawah 13 Juta, sama sekali tidak akan terkena dampak ini. Hal ini dikarenakan biaya yang diperlukan produsen sudah teredam dengan pemberian harga premium tersebut.

Gimana menurut kalian, brott? Meski peningkatan harga sebesar 10% tersebut sebenarnya tidak terlalu terasa, namun akan berimbas pada budget gamer.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version