MMORPG Bandai Namco, Blue Protocol akan Jadi Game Free-to-Play

in ,
Tanpa elemen pay to win.

Usai gelar livestream pertamanya kemarin yang menjelaskan bagaimana skill baru dari class utama Blue Protocol sekaligus closed beta. Bandai Namco kembali gelar livestream kedua yang jelaskan lebih detil tentang game PC MMORPG anime buatannya tersebut. Mulai dari informasi closed betanya bulan Maret nanti hingga model bisnisnya.

Bandai Namco menjelaskan bahwa model bisnis Blue Protocol akan menjadi game free-to-play. Mereka akan berikan opsi untuk membeli item kosmetik dengan uang asli sebagai pemasukan utamanya. Salah satu staff Bandai Namco mengatakan bahwa mereka juga berencana akan berikan sistem langganan seperti premium service. Namun bersikukuh bahwa player takkan bisa dapatkan keuntungan apapun yang berkaitan dengan gameplaynya dengan uang asli. Ini berarti kamu takkan bisa dapatkan item kuat dengan membayarnya.


Beberapa opsi suara untuk tokohmu juga telah mereka persiapkan, termasuk saat story mission. Mereka juga berencana untuk implementasikan fitur pengeditan ulang karakter di tengah permainan, termasuk mengubah jenis kelaminnya. Sayangnya, fitur ini masih dikerjakan dan belum akan dirilis sampai mereka rampung mengerjakannya.

Fitur lain yang masih dikerjakan saat ini adalah guild. Bandai Namco juga mempertimbangkan berbagai tipe player. Termasuk mereka yang miliki kemampuan komunikasi yang rendah dan ingin memainkan gamenya sendirian. Meskipun begitu, mereka juga ingin meningkatkan aspek komunitas dari Blue Protocol.

Pada saat closed betanya nanti, kamu akan bisa membuat dua karakter dengan opsi class change.

Beberapa fitur life-virtual seperti housing, casino system, memancing, dan yang lain juga akan Bandai Namco tambahkan. Namun untuk saat ini mereka ingin fokus pada gameplay utama Blue Protocol termasuk battle-nya.

Saat ini, Blue Protocol tak memiliki sistem trading karena inti utama dari gamenya adalah mengumpulkan sendiri semua barang yang kamu inginkan. Namun bukan berarti mereka takkan mengimplementasikannya di masa datang, namun nampaknya sistem tersebut hanya akan terbatas pada trading item kosmetik, furnitur, dan sejenisnya.

Bandai Namco juga masih urungkan niat untuk tambahkan fitur PvP di Blue Protocol. Mereka menjelaskan bahwa sulit untuk membuat player yang menyukai PvP dan tidak menyukainya akrab satu sama lain.

Seperti game MMORPG lainnya, setiap karakter akan dapatkan Skill Point setiap naik level. Mulai dari point class hingga Bonus Skill point. Kamu bisa mereset skill tree dengan tiket khusus yang hanya bisa dibeli dengan mata uang khusus. Belum jelas apakah mata uang khusus tersebut juga akan bisa didapatkan dengan membelinya menggunakan uang asli. Namun yang jelas, mereka memastikan kamu bisa mendapatkannya hanya dengan melanjutkan cerita utama atau mengalahkan Raid Boss.

Setiap karakter akan miliki skill aktif dan pasif. Tanker Aegis Fighter misalnya, yang akan miliki meter ketahanan shield yang akan terus menurun saat ia menahan serangan musuh. Jika meternya habis, maka kamu takkan bisa menggunakan skill maupun shieldmu.

Blue Protocol miliki enam atribut elemen. Setiap musuh akan miliki kelemahan dari beberapa elemen tertentu. Dan setiap elemen akan miliki status tambahan lain seperti burning, mengurangi HP setiap berapa detik, dan yang lain.

Selain class yang telah diperkenalkan, Bandai Namco juga akan tambahkan class baru yang saat ini tengah dikerjakan. Mereka belum tahu kapan class tersebut akan ditambahkan, mengingat pengembangannya yang cukup lama.

Serangan elemen es bisa bekukan lawan dan berikan damage saat es yang membekukannya pecah.
Elemen petir akan lambatkan musuh.

Setiap senjata dalam Blue Protocol akan miliki elemennya sendiri. Ia bersifat permanen dan takkan bisa diganti. Dengan kata lain jika kamu menemukan pedang berelemen api maka kamu takkan bisa menggantinya dengan elemen tanah atau air.

Meskipun Blue Protocol takkan miliki kustomisasi baju yang berkaitan langsung dengan classnya. Namun mereka berjanji akan berikan kustomisasi warna untuk setiap kostumnya di masa datang.

Sama seperti game Jepang lain, Blue Protocol akan miliki support controller. Oleh karenanya mereka juga mengimplementasikan fitur lock-on target untuk mendukungnya. Kamu bisa menggunakan DS4 (DualShock 4, sebutan untuk controller PS4), gamepad, maupun controller Xbox untuk memainkannya.

Bandai Namco mengatakan bahwa gamenya hanya akan miliki support resolusi hingga full hd (1080p). Karena menurut mereka, resolusi 4K takkan bisa memberikan perubahan signifikan untuk game anime seperti Blue Protocol. Namun mereka juga berencana untuk menambahkan fitur ultra-wide pada nantinya.

Kamu bisa mengubah posisi maupun ukuran HUD Blue Protocol.
Tombolnya pun bisa kamu ubah dan simpan sesuka hati.

Sebagai game PC, Blue Protocol juga akan miliki kustomisasi HUD. Kamu bisa memindahkan status level, HP, maupun skill slot ke manapun kamu suka. Semua tombol juga akan bisa kamu ubah sesuka hati, termasuk menyimpan beberapa tombol mapping untuk setiap class yang ada.

Bandai Namco sendiri mengaku bahwa mereka akan dedikasikan diri untuk memberantas bot, real-money trading / RMT (beli senjata/uang/akun dengan uang asli secara offline), maupun macro. Mereka akan langsung banned orang-orang yang melakukannya. Mereka mengungkapkan bahwa kasus ini telah terjadi saat closed alpha kemarin. Blue Protocol akan berikan notifikasi error jika terdapat “program pihak ketiga” yang tengah berjalan. Beberapa program lain juga kemungkinan akan terdeteksi, oleh sebab itu mereka melakukan closed beta test untuk mengeceknya.

Saat dirilis nanti, Blue Protocol akan miliki benchmark yang mungkinkanmu untuk membuat karakter. Saat ini ia masih dalam pengembangan dan takkan bisa dicoba saat closed beta test.

Bandai Namco juga masih urungkan niat untuk memperkenalkan voice actor yang bekerja bersama mereka. Mereka juga belum bisa memperkenalkan siapa composer yang mengerjakan musik maupun lagunya. Bahkan meskipun sebelumnya Hiroyuki Sawano, dengan jelas disebutkan mengerjakan musik untuk salah satu trailernya.

Jika kamu masih menggunakan Line, maka kemungkinan kamu akan menginginkan stamp baru dari Blue Protocol. Bandai Namco berencana untuk membuat stamp dari in-game chatnya, untuk dilepas di aplikasi Line di masa mendatang.

Livestream ketiga dan terakhir dari Blue Protocol akan dimulai pada tanggal 27 Februari. Mereka berencana untuk menunjukkan party gameplay dan raid boss.

Blue Protocol saat ini masih dikerjakan untuk PC dan direncanakan untuk rilis di Jepang dan luar Jepang. Closed betanya akan dimulai bulan Maret mendatang dengan tanggal yang belum ditentukan. Namun kamu bisa mulai daftarkan diri melalui link berikut dan mendapatkan kesempatan dari 50,000 slot yang tersedia.

Semua informasi terkait Blue Protocol bisa kamu baca melalui rangkuman berita kami di link berikut.


Baca lebih lanjut tentang Blue Protocol, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.