MMORPG Bandai Namco, Blue Protocol akan Jadi Game Free-to-Play


Tanpa elemen pay to win.

Usai gelar livestream pertamanya kemarin yang menjelaskan bagaimana skill baru dari class utama Blue Protocol sekaligus closed beta. Bandai Namco kembali gelar livestream kedua yang jelaskan lebih detil tentang game PC MMORPG anime buatannya tersebut. Mulai dari informasi closed betanya bulan Maret nanti hingga model bisnisnya.

Bandai Namco menjelaskan bahwa model bisnis Blue Protocol akan menjadi game free-to-play. Mereka akan berikan opsi untuk membeli item kosmetik dengan uang asli sebagai pemasukan utamanya. Salah satu staff Bandai Namco mengatakan bahwa mereka juga berencana akan berikan sistem langganan seperti premium service. Namun bersikukuh bahwa player takkan bisa dapatkan keuntungan apapun yang berkaitan dengan gameplaynya dengan uang asli. Ini berarti kamu takkan bisa dapatkan item kuat dengan membayarnya.


Beberapa opsi suara untuk tokohmu juga telah mereka persiapkan, termasuk saat story mission. Mereka juga berencana untuk implementasikan fitur pengeditan ulang karakter di tengah permainan, termasuk mengubah jenis kelaminnya. Sayangnya, fitur ini masih dikerjakan dan belum akan dirilis sampai mereka rampung mengerjakannya.

Fitur lain yang masih dikerjakan saat ini adalah guild. Bandai Namco juga mempertimbangkan berbagai tipe player. Termasuk mereka yang miliki kemampuan komunikasi yang rendah dan ingin memainkan gamenya sendirian. Meskipun begitu, mereka juga ingin meningkatkan aspek komunitas dari Blue Protocol.

Pada saat closed betanya nanti, kamu akan bisa membuat dua karakter dengan opsi class change.

Beberapa fitur life-virtual seperti housing, casino system, memancing, dan yang lain juga akan Bandai Namco tambahkan. Namun untuk saat ini mereka ingin fokus pada gameplay utama Blue Protocol termasuk battle-nya.

Saat ini, Blue Protocol tak memiliki sistem trading karena inti utama dari gamenya adalah mengumpulkan sendiri semua barang yang kamu inginkan. Namun bukan berarti mereka takkan mengimplementasikannya di masa datang, namun nampaknya sistem tersebut hanya akan terbatas pada trading item kosmetik, furnitur, dan sejenisnya.

Bandai Namco juga masih urungkan niat untuk tambahkan fitur PvP di Blue Protocol. Mereka menjelaskan bahwa sulit untuk membuat player yang menyukai PvP dan tidak menyukainya akrab satu sama lain.