Mobile Games Rajai Pendapatan Bersih Activision di Q2 2019

in

Activision mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu publisher yang menyimpan berbagai game besar populer seperti serial Call of Duty, Overwatch, Sekiro: Shadows Die Twice yang tentunya kami berani nyatakan sebagai kandidat Game of the Year tahun ini, serta Crash Team Racing Nitro-Fueled yang bikin nostalgia gamer zaman old.

Walau game-game tersebut difokuskan untuk pemain konsol dan PC, laporan finansial Activision untuk kuartal kedua tahun 2019 atau Q2, justru menunjukkan bahwa pendapatan bersih mereka yang paling besar berasal dari Mobile Games. Kamu yang tertarik membaca detailnya bisa mengunjungi halaman ini.

Seperti yang bisa kamu lihat pada screenshot diatas, pendapatan Activision per 30 Juni 2019 dirajai oleh Mobile Games yang mencapai 37% dari total pendaptan, sedangkan konsol hanya 29% dan PC hanya 26%. Dan salah satu pencetak uang terbesarnya tersebut tentunya berasal dari game Candy Crush yang digarap oleh King.

Sebagai informasi, Activision mengakuisisi King beberapa tahun silam, dan dikabarkan memiliki jumlah pemain aktif sekitar 258 juta tiap bulannya. Lebih lanjut, jumlah pemain aktif bulanan tersebut terus bertambah untuk Candy Crush serta Candy Crush Friends Saga, bahkan sampai saat ini berhasil menjadi top-grossing franchise di App Store region Amerika Serikat.

Hal ini juga mengingat bahwa Activision sendiri hanya akan merilis 3 game PC dan konsol tahun ini, yakni Sekiro: Shadows Die Twice pada bulan Maret lalu, remake CTR pada bulan Juni lalu, serta Call of Duty: Modern Warfare yang akan rilis pada Oktober mendatang. Walau demikian, pendapatan dari Mobile Game agaknya lebih dari cukup untuk membantu keuangan Activision tahun ini.

via Dualshockers


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Activision atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]