Mobile Legends di Blokir Pemerintah India, Inilah alasannya!

Untitled 1

Terkait dengan konflik yang ada dengan Negara China, India akhirnya menghapus 59 Aplikasi China yang ada di Google Play store, dan App store. Salah satunya adalah Clash of Kings dan game MOBA favorite warga net Mobile Legends yang akhirnya dihapus dari negara tersebut. Tak hanya itu, Social media seperti Tik Tok dan UC Browser pun akhirnya ditiadakan.

Kenapa Mobile Legends di Banned?

Dimulai dengan adanya beberapa berita bahwa Negara China tengah mengumpulkan data pemainnya dari apps – apps yang di download oleh para penggunanya. Melalui sebuah press release dari pemerintah negara India menyatakan bahwa:

“The Ministry of Information Technology, invoking it’s power under section 69A of the Information Technology Act read with the relevant provisions of the Information Technology (Procedure and Safeguards for Blocking of Access of Information by Public) Rules 2009 and in view of the emergent nature of threats has decided to block 59 apps since in view of the information available they are engaged in activities which is prejudicial to sovereignty and integrity of India, defence of India, security of state and public order”.

Dari press release diatas, dapat disimpulkan bahwa India ingin berhati – hati atas ke 59 applikasi yang diblokir tersebut, yang “dikabarkan” dapat mengumpulkan data – data, sehingga secara tak langsung dapat merugikan kedaulatan, integritas, dari negara India secara keseluruhan. Selain itu, mereka juga menyatakan bahwa Kementrian teknologi dan informasi juga mendapatkan banyak “representasi” yang akhirnya meningkatkan perhatian dari masyarakat terkait dengan keamanan data dan privasi yang ada dari beberapa aplikasi yang disediakan oleh Negara yang bersangkutan. Hal ini juga ditujukan untuk melindungi privasi dari warga negaranya


Berikut adalah beberapa aplikasi serta game yang telah diblokir :


Sepertinya gerakan Anti-China ini semakin kuat dengan game Mobile Legends yang akhirnya di blokir. Pasalnya, Game yang menjadi top 100 game di Google Play Store ini menjai salah satu game yang paling sering dimainkan di banyak negara termasuk dengan negara India. Banyaknya turnamen lokal serta berkembangnya komunitas yang ada tentu membuat masyarakat sedikit kecewa dengan keputusan pemerintah tersebut. Sayangnya, komunitas yang baru berkembang tersebut hanya bisa menunggu keputusan dari pemerintah kedepannya.


Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Jay, dan artikel lain seputaran game mobile.

Tertarik bekerja sama dengan gamebrott? Silahkan contact : author@Gamebrott.com

Exit mobile version