Mod Cyberpunk 2077 PC Mungkinkan Romance Judy Sebagai V Pria

in ,
Judy Alvarez 2
Ya, kamu tak salah baca.

Meski banyak terjadi masalah dan menjadi polemik, fakta bahwa Cyberpunk 2077 akhirnya dirilis memang tak dapat ditepis. Player yang telah memainkannya tentu saja puas dengan pembawaan cerita yang dirancang CD Projekt RED, namun sebagian mungkin kecewa karena opsi romance karakter “idaman” mereka tak terjadi. Terutama jika menggunakan protagonis V pria.

Seperti yang telah kita ketahui, setiap NPC cerita utama Cyberpunk 2077 miliki orientasi seksual yang berbeda. Mulai dari penyuka sesama jenis baik pria maupun wanita, normal, hingga penyuka keduanya. Semua dirangkum dalam fitur romance yang sekaligus menjadi salah satu fitur khusus dewasa gamenya.

Namun terdapat NPC wanita yang sebagian player mungkin setuju bahwa ia adalah yang paling cantik yang bisa diromance. Ia adalah Judy Alvarez yang ditemui di awal permainan. Cewek cantik ini sayangnya tidak menyukai V dengan model tubuh pria. Player hanya bisa melakukan romance jika menggunakan V wanita. Sebuah kekecewaan yang mungkin dirasakan oleh semua player yang memilih pria sebagai tokoh utama Cyberpunk 2077. Namun semua berubah sejak mod, atau lebih tepatnya oprekan mod berikut dilepas.

Melalui mod Cyber Engine Tweaks, seorang YouTuber bernama FredrickFlower menemukan sebuah console command dimana Judy Alvarez bisa diromance oleh V pria. Ia mengaku menggunakan console command yang hanya bisa dilakukan setelah mod tersebut dipasang. Karena kami tidak ingin menunjukkannya di sini karena alasan terlalu vulgar, namun kamu bisa langsung menonton videonya lengkap dengan bagaimana caranya di deskripsi videonya.

Menariknya, saat adegan berlangsung semua voice line Judy ada untuk V pria. Hantarkan pada sebuah asumsi dan teori konspirasi bahwa CD Projekt RED sebenarnya telah mempersiapkan Judy untuk V pria dan wanita saat romance namun memotongnya.

Hal ini kemudian diklarifikasi oleh representatif dari CD Projekt RED via Eurogamer yang mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah cut content atau konten yang dipotong. CD Projekt RED melakukannya agar lebih mudah bagi tim penerjemah untuk merekam kedua suara. Ini dilakukan agar tim developer tak melakukan kesalahan seperti kehilangan suatu hal saat akan melakukan rekaman di masa datang.

Lebih lanjut, perwakilan tersebut menegaskan bahwa Judy memang didesain untuk menyukai V wanita dari awal. Mereka tidak memiliki rencana apapun untuk membuatnya menyukai V pria.

Pemotongan konten memang bukan hal baru dalam video game. Hal ini karena perubahan yang konstan dalam pengembangannya. Sebuah hal yang wajar terjadi di setiap pembuatan karya seni atau produk apapun. Terkadang, tak jarang developer merilisnya dalam bentuk DLC gratis atau versi baru yakni Director’s Cut. Atau mungkin tidak merilisnya sama sekali.

Kasus Cyberpunk 2077 soal Judy Alvarez bukan menjadi cut content. Ini dilakukan demi sebuah persiapan “rencana B” yang pada akhirnya tidak jadi diimplementasikan, karena tidak cocok dengan visi utama atau perubahan lain saat pengembangannya.

Cyberpunk 2077 saat ini sudah bisa dimainkan di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Kamu bisa membaca review lengkap kami di versi PCnya untuk mengetahui seperti apa gamenya sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.


Baca lebih lanjut tentang Cyberpunk 2077 atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Weird and have passive ability to easily forgotten by people. Multi-platform gamer with PC as his main platform while PlayStation in the second. RPG, MMORPG (any nation), JRPG (JP, EN), FPS, TPS are his main courses. Moving forward, not backward, and evolving without too long dwelling to the past. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).