7 Mod Mechanical Keyboard Terbaik yang Bisa Langsung Kamu Coba

Mod Mechanical Keyboard Terbaik

Setelah lama meditasi, tampaknya ini adalah waktu yang tepat untuk kembali berikanmu apa-apa saja Mod Mechanical Keyboard Terbaik. Di antara kita, tentunya akan senantiasa ada yang menuntut sesuatu yang unik karena rasa cinta mereka akan keyboard yang temani mereka beraktivitas.

Julukannya tetap saja keebs. Hobi yang memang terbukti membuat candu dan habiskan banyak duit ini terkadang haruskan kita untuk berpikir di luar logika untuk mendapatkan hasil maksimal dari keyboard yang kita miliki.

Nah, kali ini kami akan hadirkanmu beberapa jenis modifikasi keyboard yang bisa kamu lakukan pada keyboard kesayangan. Kejar akustik atau feel (you name it), bakal kita ulik.

Disclaimer:

Artikel ini adalah penyempurnaan dari artikel kami sebelumnya yang dapat kalian baca di sini. Harus dicatat bahwa semua mod mechanical keyboard terbaik ini haruskanmu memiliki pemahaman yang lebih baik ketimbang mod sebelumnya yang bisa kami katakan newbie friendly.

Kumpulan Mod Mechanical Keyboard Terbaik di Tahun 2023

Kalau kalian penasaran apa saja sih mod mechanical keyboard terbaik di tahun ini, yuk kita ulik sampai habis.

1. Gunakan Tempest Mod

Tambahkan tape mod sesuai instruksi (Dok. Penulis)

Benar, kalian tidak salah membacanya. Tempest mod atau tape mod sebenarnya adalah mod yang manfaatkan masking tape untuk hasilkan akustik wah, namun memiliki resiko sangat besar bila kalian salah saat memasangnya. Resikonya membuat pcb pada keebs jadi konslet, sehingga tak bisa kita gunakan.

Penulis yang sebenarnya tertarik dan telah melakukan mod mechanical keyboard ini sebelumnya pada salah satu keebs (yang akhirnya rusak dalam rentang dua bulan), kini mencoba sesuatu yang bisa dikatakan cukup aman, yaitu menambahkan tempest mod versi amannya.

Caranya cukup mudah. Kalian cukup memotong dua kertas hvs sesuai ukuran keebs, lalu sisi-sisinya bisa kalian selotip supaya efeknya tetap ada. Lalu kalian harus memasang kertas tadi di bawah pcb, yang mana pada ujungnya kalian tambahkan masking tape supaya merekat. Hasilnya cukup mendekati tempest mod yang asli.

Memang Bahaya Tempest Mod Apaan Sih?

Jadi, sebagaimana yang telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, tempest mod atau tape mod adalah mod yang bersifat do with your own risk alias resiko ditanggung sendiri.

Memang cara modifikasi keyboard ini cukup murah, namun kembali kami tegaskan bahwasanya justru kalian yang akan rugi banyak bila ternyata keebs yang kalian gunakan malah konslet karena residu dan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Faktor lain semacam bahan dari masking tape yang digunakan untuk melakukan mod bisa saja memiliki andil. Namun tetap saja hal tersebut bukanlah sebuah pembenaran bahwa mod ini benar-benar aman untuk dilakukan.

Ketimbang harus membeli keebs baru, bukankah lebih bijak rasanya untuk ganti switch, menambah foam, switch pad, atau keycaps baru?

2. Force Break Mod

Menambahkan neoprene ke bagian dalam case (Dok. Penulis)

Cara modifikasi keyboard ini sesuai dengan penamaannya, di mana force memiliki arti kekuatan, dan break memiliki arti memecah. Bila digabungkan, force break artinya memecah kekuatan pantulan berupa suara dan getaran yang dihasilkan di saat kita menekan.

Saat ini, penulis yang kebetulan belum bisa mencoba jenis modifikasi keyboard ini karena belum memiliki keebs berbahan aluminium, merasa yakin bahwa ini dapat jadi solusi untuk atasi suara hollow atau ping yang cukup mengusik ketenangan kala mengetik.

Untuk melakukannya pun relatif mudah. Karena kamu hanya butuh menambahkan bahan semacam karet, double tape, apapun itu yang tak terlalu tebal, di mana harus kamu letakkan secara merata pada bagian atas, atau bawah case. Harus dicatat cara ini tak akan menjamin seratus persen untuk kamu terapkan.

3. Ganti Casing Keyboard Milikmu

RK84 full-akrilik, meneruskan perjuangan teman seperjuangan (Dok. Penulis)

Alternatif lain yang cukup menarik untuk kalian coba adalah dengan ganti casing keyboard milikmu dengan bahan lain, umumnya ialah akrilik. Secara otomatis, suara dan typing feel akan berubah seiring dengan bahan yang kalian gunakan, dan tentu saja takkan sama dengan case standar yang kalian gunakan sebelumnya.

Kami menyarankanmu untuk mencari layanan casing custom keyboard yang terpercaya, karena bila salah layanan, ditakutkan posisi lubang baut yang ada tidak sesuai, atau malah meleset sampai hitungan centimeter.

Sementara ini, penulis telah mencobanya di salah satu keebs milik penulis, yaitu Royal Kludge RK84 dengan bahan full-stack arkilik. Dikombinasikan dengan plate akrilik dan switch RK Sky Cyan (Linear) membuat keebs ini terdengar yummy-yummy cripsy saat diketik.

4. Gunakan Plate dengan Bahan Berbeda

Lebih baik jangan terlalu gegabah – Penulis (Dok. Penulis)

Mencoba plate dengan bahan berbeda, semisal polycarbonate, akrilik, pom, dan bahan-bahan lainnya tentu saja akan lahirkan suara dan feel berlainan pula. Umumnya, bahan yang dengan mudahnya (dan murah tentunya) untuk kita beli adalah bahan polycarbonate dan akrilik.

Bisa saja bahan tersebut setidaknya bisa menghasilkan suara yang lebih terdengar memuaskan. Gak hanya sebatas suara, namun ganti plate bawaan dengan plate kustom semisal akrilik dapat membantu mengurangi bobot dari sebuah keebs secara masif. Yah, setidaknya enak untuk diajak bepergian.

5. Coba Spring Swap

Melakukan spring swap pada switch (Dok. Penulis)

Hal menarik berikutnya yang bisa kita lakukan pada keebs kesayangan kita adalah dengan melakukan spring swap atau ganti per yang ada pada switch yang kita gunakan. Metode spring swap umum dilakukan oleh mereka yang cari typing feel senyamannya.

Untuk melakukan spring swap, kamu tentunya akan membutuhkan panduan modifikasi keyboard dalam bentuk video supaya tidak salah langkah, termasuk salah membeli berat sebuah spring.

Penulis menyarankanmu untuk mencoba karakter dari sebuah spring supaya tidak menyesal bila kebetulan membeli spring dalam jumlah banyak. Pastikan kembali switch tersebut tidak akan kamu jual kembali, karena mayoritas lebih menyukai switch yang spring-nya tidak diutak-atik kecuali enthusiast.

6. Frankenswitch

Melakukan frankenswitch (Dok. Penulis)

Sebelum memasuki cara modifikasi keyboard terakhir, hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan frankenswitch. Sesuai namanya, frankenswitch adalah sebuah switch hasil campuran bermacam switch yang ada.

Semisal bottom housing dari Gateron, top housing dari Akko, stem dari Haimu, dan spring dari JWICK. Kombinasi semua komponen tersebut bisa saja menghasilkan sesuatu yang unik dan berbeda, atau bahkan sesuai ekspektasimu saat lakukannya; sama saja alias gagal total.

Penulis kurang menyarankan jenis modifikasi keyboard satu ini karena justru menghancurkan karakteristik dari switch itu sendiri. Terlebih bila hasilnya tak sesuai harapan, justru akan makin menyulitkan kita saat harus membongkarnya atau saat akan menjualnya.

7. Tambahkan PE Foam

Menambahkan PE foam bisa jadi solusi (Dok. Penulis)

Penulis dan rekan-rekan di Gamebrott yang hobi mechanical keyboard (termasuk Sifu Andi), sangat setuju bahwasanya menambahkan PE foam adalah hal magis yang membuat suara dan typing feel keyboard tersebut menjadi unik dan benar-benar memuaskan.

Walau modifikasi ini terdengar remeh, yaitu menambahkan busa tipis yang dapat kalian temukan pada komponen elektronik, tetapi hasilnya benar-benar terbukti memuaskan dan efektif ketimbang mod lainnya yang terkadang justru ribet untuk dilakukan.

Cukup tambahkan PE foam di atas PCB (atau switch pad bila kebetulan menggunakannya), dan dengarlah hasilnya. Semudah itu, seefektif itu. Kami sepakat suara yang dihasilkan dari foam ini akan hasilkan suara yang lebih bulat.

Bonus: Menambah Wrist Rest untuk Menambah Kenyamanan

Menambahkan wrist rest bisa memberikan dampak masif (Dok. Penulis)

Hal terakhir yang bisa kami sampaikan pada modifikasi keyboard ini adalah dengan menambah wrist rest, supaya lengan kalian tidak kelelahan saat bekerja seharian. Terdengar remeh memang, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu demi kesehatan.

Sekadar membagikan pengalaman saat mencoba wrist rest, alat ini terbukti mampu mengurangi (bukan menghentikan) rasa sakit yang ditimbulkan bila kebetulan tangan sakit saat bekerja.

Di sisi lain, menambahkan wrist rest terkadang malah memberi rasa tak nyaman karena posisi yang kebetulan sudah pas sesuai standar ergonomis, atau memang malah mengurangi efisiensi saat bekerja.

Itulah dia 7 mod mechanical keyboard terbaik yang tentunya bisa kamu uji coba pada keebs kesayanganmu. Menurutmu, mod mana yang sekiranya paling menarik dan terbaik untuk kamu coba? Yuk, bagikan komentar dan pengalamanmu di kolom komentar!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version