7 Mod Mechanical Keyboard yang Bisa Kamu Coba

Mod Mechanical Keyboard

Mod Mechanical Keyboard

Kali ini kami akan ajakmu rehat dari maraknya kasus kebocoran data di tanah air, dan kembali membahas dunia mechanical keyboard. Lebih spesifik, yang akan dibahas kali ini pun seputaran 7 Mod Mechanical Keyboard yang tentunya bisa kamu coba.

Miliki julukan keren keebs, eksistensi sebuah mechanical keyboard boleh jadi hobi yang buat candu karena miliki bermacam kemudahan lakukan kustomisasi. Tidak hanya sekadar keycaps dan switch, karena pada dasarnya sebuah keebs miliki potensi lebih dari itu.

Kendati demikian, ada bermacam syarat yang harus dipenuhi supaya hasilnya bisa maksimal dan sesuai dengan keinginan.

Nah, inilah 7 Mod Mechanical Keyboard yang bisa kamu coba.

Mod Mechanical Keyboard, Antara Perlu dan Tidak

Membahas Mod Mechanical Keyboard haruslah berdasar supaya pembaca tak keblinger berkat banyaknya mod di luaran sana. Faktanya, modifikasi untuk keebs sebenarnya antara perlu dan tidak, karena diharuskan untuk sesuai dengan preferensi pemakainya.

Artinya, Mod Mechanical Keyboard bukanlah sebuah kewajiban, karena hasil akhirnya bisa jadi tak sesuai dengan keinginan sama sekali.

Di sisi lain, para enthusiast tentu berkata lain dan tegaskan bahwa dalam kebanyakan kasus, sebuah modifikasi akan dibutuhkan. Meski penulis termasuk newbie, di bawah ini ada beberapa evaluasi ketika kamu benar-benar tertarik lakukan modifikasi.

Pahami Resiko Ketika Mod Mechanical Keyboard

Menurut penulis, setidaknya ada beberapa hal yang harus jadi bahan evaluasi bila kamu benar-benar tertarik ketika lakukan Mod Mechanical Keyboard. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Jenis Modifikasi untuk Mechanical Keyboard

Nah, di bawah ini akan kami jabarkan apa-apa saja Mod Mechanical Keyboard yang bisa kalian coba.

1. Ganti Keycaps

Menurut hemat penulis, Mod Mechanical Keyboard yang mudah adalah dengan ganti keycaps. Meski terkesan remeh, namun bejibunnya colorway dan keycaps profile yang sebelumnya kami bahas di sini boleh buatmu terkesima.

Entah untuk sesuaikan dengan setup milikmu supaya makin estetik, sekadar ganti suasana, atau bahkan suara yang dihasilkan, semua melalui keycaps. Biasanya, keycaps dibanderol mulai dari 50 Ribuan Rupiah (copotan), sampai dengan Jutaan Rupiah untuk brand ternama sekelas GMK.

Harus dicatat bahwa keycaps juga tawarkan sensasi atau feel yang bervariasi, dan tentunya dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Belum faktor eksternal semacam dari bahan apa keycaps tersebut dibuat dan setebal apa keycaps tersebut diproduksi demi penuhi ekspektasi pemakainya.

Sama halnya dengan warna-warni alias colorways, yang tentu harus disesuaikan dengan setup yang kita miliki demi hasil maksimal.

2. Coba Switch Lain

Secara garis besar, Mod Mechanical Keyboard yang ‘mudah’ kamu lakukan adalah dengan ganti switch yang ada. Di antaranya adalah linear, tactile, dan clicky, di mana karakteristik dari tiap switch tersebut pasti berbeda-beda.

Biasanya, linear kerap direkomendasikan untuk produktivitas dan gaming karena suara dan kecepatan respons yang tokcer. Untuk tactile dan clicky tentu sesuai dengan namanya, di mana tactile akan berikan ‘feedback’ sedangkan clicky akan berikan feedback dan suara yang cukup keras.

Selain itu, kami takkan bahas banyaknya switch yang beredar di pasaran karena terlalu banyak. Namun, biasanya orang cukup familiar dengan switch Outemu, Cherry, Gateron, Kailh, dan banyak lainnya yang takkan habis dibahas.

Sama halnya dengan keycaps, di mana peran dari switch ini lebih spesifik typing feel. Bedanya, karakteristik switch tersebut akan selalu absolut dan tak berubah selama dalam kondisi stock atau default.

Untuk harganya pun bervariasi, mulai dari seceng (1.000-an), sampai dengan ceban (10.000-an) per switch-nya hanya demi kepuasan ketik-ketik, menarik bukan?

3. Mod Stabilizer Keebs Milikmu

Kita takkan membahas stabilizer secara mendetil, melainkan hanya membahas sekadarnya karena kita lebih fokus kepada mod-nya.

Secara umum, Mod Mechanical Keyboard lainnya yang bisa kamu eksekusi adalah dengan lakukan mod pada stabilizer. Pada sebuah keebs berukuran ‘normal’ alias full-size, terdapat setidaknya 8 stabilizer dengan dua ukuran yang berbeda.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Mulai dari jenis plate-mounted, screw-in, sampai snap-in, modifikasi yang bisa dilakukan akan tetap sama dan tujuan yang sama: minimalisir rattle.

Modifikasi tersebut antara lain memotong dan meratakan kaki stabilizer, tambahkan lube dan atur kaki-kakinya, atau yang paling direkomendasikan adalah tambahkan band-aid mod.

Khusus band-aid mod, bisa dikatakan adalah modifikasi yang cukup unik di mana kita cukup tambahkan band-aid untuk dapat minimalisir rattle. Selain mayoritas katakan hasil ini cukup efektif, biaya yang dibutuhkan pun tak terlalu banyak.

4. Menambahkan O-Rings (Termudah)

Lanjut ke Mod Mechanical Keyboard lainnya ialah dengan tambahkan O-Rings tepat di bawah keycaps, udah gitu doang brott.

Penambahan O-Rings goda peredaman getaran dan suara, bahkan klaim mampu minimalisir kecapekan ketika lama gunakan keebs. Namun, kalian harus paham betul bahwa tak semua orang akan suka dengan modifikasi ini.

Ini adalah modifikasi termudah dan termurah menurut penulis, jadi tak ada salahnya untuk cobanya.

5. Tambahkan Foam

Nah, ini adalah salah satu Mod Mechanical Keyboard yang penulis rekomendasikan. Tujuan menambahkan foam ini tidak lain adalah untuk meredam suara dan getaran yang dihasilkan ketika ketik-ketik.

Untuk foam-nya pun bermacam-macam, mulai dari packing foam, neoprene, lining foam, eva foam, sillicone, sorbothane, dan lain-lain yang mungkin terlewat. Namun, modifikasi keebs tak membatasi diri untuk gunakan apapun itu selama mampu ditampung keebs-mu.

Harganya tentu berbanding lurus dengan bahan. Namun, rekomendasi penulis adalah neoprene yang terbukti mampu redam suara dari keebs yang digunakan.

6. Beli Kabel Premium

Yang kami maksud dari Mod Mechanical Keyboard ini adalah beli kabel premium dengan bentuk coiled atau mungkin braided. Meski demikian, kabel premium yang kerap direkomendasikan adalah coiled, karena boleh sempurnakan estetik dari keebs-mu secara masif.

Biasanya, kabel premium dengan jenis coiled dapat kamu temukan di kisaran 100 Ribuan Rupiah. Namun, kalau ingin lebih hemat (seperti yang penulis lakukan), cukup beli kabel braided dengan bermodalkan 20 Ribuan Rupiah.

Modifikasi tetaplah modifikasi walaupun hanya kabel, brott.

7. Tambah Desk Mat

Mendengar kata desk mat untuk pertama kalinya tentu akan terasa aneh, karena umumnya mayoritas akan lebih familiar dengan ‘mouse pad’. Meski berbeda kata, namun guna keduanya tetaplah sama, di mana kehadirannya mampu sempurnakan estetik.

Tidak hanya itu, desk mat mampu kurangi suara dan getaran yang dihasilkan. Dalam beberapa kasus, ada yang katakan bahwa kehadiran desk mat boleh ubah suara yang dihasilkan keebs-mu.

Bonus: Tempest Mod atau Tape Mod

Selain semua Mod Mechanical Keyboard di atas, penulis temukan sebuah mod yang dirasa cukup nyeleneh yang bernama Tempest Mod atau Tape Mod.

Cara modifikasinya pun bisa terbilang mudah, karena brott semua hanya perlu melepas case keyboard, dan mulai pasang masking tape di balik PCB.

Berdasarkan feedback dari bermacam pihak, Tempest Mod atau Tape Mod kerap direkomendasikan karena mampu buat suara keebs terasa lebih poppy atau terdengar. Kalau boleh jujur, ini adalah do it with your own risk mod, di mana ada kemungkinan modifikasi ini boleh rusakkan PCB keebs-mu.

Sepengalaman penulis, tidak ada efek sama sekali ketika patenkan mod ini pada keebs yang jadi samsak, K630 yang dibahas sebelumnya. Entah karena gunakan neoprene 2mm sebanyak 2 layer, namun kehadiran Tempest Mod atau Tape Mod 3 layer tak membantu sama sekali.

Nah, itulah dia beberapa Mod Mechanical Keyboard yang bisa dicoba. Kira-kira, gimana menurut kalian semua, apakah ada mod yang telah kalian lakukan pada keebs kalian? Yuk, share pengalaman kalian di bawah!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Midjourney atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version