Mod Slay the Spire Terinfeksi Malware di Steam

Mod Slay the Spire Malware

Mod Slay the Spire Malware – Dirilis pada 2017 silam, Slay the Spire merupakan salah satu game deck-builder terbaik dengan basis pemain yang masif. Sebagai game dengan jumlah komunitas pemain aktif yang sangat banyak, game tersebut juga memiliki beberapa mod, dengan Downfall sebagai salah satu yang terbaik.

Downfall dirilis sebagai “ekspansi gratis” di Steam dua tahun yang lalu, di mana mod tersebut menghadirkan campaign alternatif disamping tujuh karakter baru dan konten segar untuk penggemar game garapan Mega Crit Games itu. Baru-baru ini, muncul kabar mengejutkan mengenai mod tersebut.

Mod Slay the Spire yang Populer di Komunitas Telah Terinfeksi Malware

Waspada, ada mod Slay the Spire yang kena malware

Melalui postingan di Steam, modder pembuat Downfall mengungkap bahwa mod tersebut sempat diretas ketika Natal kemarin. Kala itu, hacker mengunggah file berbahaya kedalam mod tersebut, yang tetap aktif selama sekitar satu jam. Mereka juga mengatakan bahwa akun Steam dan Discord mereka dibajak sehingga mereka tidak bisa langsung memberi peringatan kepada pemain.

Dijelaskan bahwa pemain yang membuka Downfall yang telah terinfeksi malware, akan mendapatkan menerima pop-up installer Unity. Setelahnya, malware yang tertanam di dalam Downfall akan berusaha mencuri password dari browser atau layanan yang digunakan pemain seperti Discord dan Telegram.

Slay the Spire

Kreator mod tersebut mengatakan bahwa sebagian besar antivirus tidak akan mencegah malware tersebut, namun di sisi lain juga tidak akan memperbolehkan informasi seperti password untuk dikirim ke hacker. Mereka menyarankan kepada pemain yang telah melihat pop-up semacam itu untuk mengganti semua password mereka dan mengatur autentikasi dua faktor. Untuk saat ini, Downfall telah ditambal dan dipastikan bersih dari segala jenis malware.

Mod Game Lainnya yang Pernah ke Malware

Ada mod game lainnya pernah alami hal yang sama

Karena masalah yang mirip seperti itu, Valve sempat meningkatkan keamanan Steam pada Oktober kemarin dengan mengimplementasikan sistem autentikasi baru. Dengan mengharuskan modder untuk selalu menggunakan autentikasi dua faktor, Valve ingin memperkecil kemungkinan terjadinya peretasan sehingga bisa mencegah kasus di mana mod dijangkiti malware.

Ini bukan kali pertama mod sebuah game disusupi malware. Pada Juni kemarin, beberapa mod Minecraft seperti Better Minecraft, Dungeons Arise, Sky Villages, DungeonZ, Display Entity Editor dan Haven Elytra juga terinfeksi malware. Untungnya saat ini semua mod tersebut telah bersih dari malware.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Slay the Spire atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version