Modder Berharap Bethesda Segera Ganti Engine untuk The Elder Scrolls VI

in , , ,

Setelah rilis The Elder Scrolls III: Morrowind, Bethesda telah gunakan engine game yang sama yaitu Gamebryo Engine selama satu dekade lebih. Bahkan Creation Engine yang digunakan pada Skyrim Fallout 4, dan Fallout 76 merupakan modifikasi dari Gamebryo.

Seberapa sering engine dimodifikasi, tetap akan waktu dimana engine tersebut terlihat kuno dan perlu diganti dengan yang baru. Hal tersebut telah terjadi pada game Bethesda saat ini. Dibandingkan dengan engine game lain, Creation Engine terlihat kaku dan penuh masalah teknis. Meskipun pada sisi baiknya engine ini mudah diakses oleh modder, membuat proses membuat mod tergolong sederhana dibandingkan engine lain, modder sendiri tampaknya telah sarankan Bethesda untuk segera beralih dari engine kuno tersebut.

Kyle Rebel, creative director dari Skyoblivion – salah satu mod paling ambisius yang Skyrim miliki, ungkapkan pendapatnya tentang Creation Engine lewat wawancaranya bersama website Jerman Gamestar. Menurutnya sekarang sudah waktunya untuk Bethesda lepaskan engine tersebut dan beralih ke engine baru khususnya untuk The Elder Scrolls VI mendatang.

“Kami [modder] punya rasa cinta dan benci dengan creation kit, ia mudah untuk dipelajari, kamu tak perlu banyak pengalaman untuk membuat landscape, hanya waktu dan kesabaran. Creation Kit sangatlah mudah untuk membangun sesuatu dengan editor, tetapi tidak mudah untuk membuatnya sebagus yang kamu mau.

Kamu benar-benar bisa melihat sendiri usia dari Creation Engine. Dalam mengurus tekstur, saya bisa lihat prosesnya sudah sangat kuno. Sudah sangat tidak efektif. Creation Engine juga sulit untuk membuat senjata dan armor terlihat bagus dan seperti metal asli. Untuk The Elder Scrolls VI, saya benar-benar inginkan engine baru.

Sudah ada banyak engine yang jauh lebih baik seperti Unreal Engine 4. Apabila kamu mau membuat ulang game dari nol, gunakan Unreal Engine, jangan gunakan Creation Kit.”

Meskipun dituntut oleh banyak gamer untuk beralih engine, Bethesda tampaknya akan tetap pertahankan engine jadul tersebut untuk kedepannya. Starfield, franchise sci-fi pertama Bethesda dikabarkan masih menggunakan engine tersebut tetapi kembali dimodifikasi agar dapat berikan animasi yang lebih baik.

Bethesda tidak menjadi studio pertama yang pertahankan engine jadul mereka, Infinity Ward, Treyarch, Telltale dan Id Software juga menggunakan engine sama selama bertahun-tahun tetapi terus dimodifikasi. Ada banyak alasan mengapa studio senggan melepas engine lama mereka dan lebih memilih memodifikasi engine lama tersebut untuk berkompetisi dengan engine lain. Namun tentu saja selalu ada limitasi dari engine lama tersebut yang membuat mereka sewaktu-waktu harus melepasnya untuk yang lebih baik. Hanya menunggu waktu kapan hal tersebut terjadi.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.