Modder Berhasil Hadirkan Versi VR dari Half Life 2!


Half Life merupakan salah satu game yang cukup kotroversial di kalangan penggemarnya. Bagaimana tidak, game ini masuk sebagai salah satu game yang tidak (semoga belum) mendapat serial ke 3 dari Valve besutan Gabe Newell. Meskipun mereka tidak merilis Half Life 3, beberapa waktu lalu mereka merilis Half Life Alyx.

Seorang modder yang dikenal sebagai Vect0R (yang juga menghabiskan waktu menggali konten Half-Life 2 yang tidak terpakai dan memproduksi mod raytracing real-time untuk game), telah membuat cukup kemajuan dengan  mengonversi file peta dan aset ke format Source 2 dan menambahkannya ke Half Life Alyx  untuk dapat memamerkan sedikit Half Life 2 versi VR.

Vect0R menyebut hasil akhirnya sebagai “demo showcase”, dengan mengatakan tidak ada rencana untuk membagikannya saat ini. Meski begitu, ini adalah awal yang mengesankan, terutama karena proyek ini sudah berjalan kurang dari seminggu, setelah memulai sehari setelah rilis Half Life Alyx pada tanggal 23 Maret.

Sayangnya, kemajuan lebih lanjut agak terhalang oleh fakta bahwa Valve belum membagikan Sumber 2 SDK (source Software Development Kit). seperti yang dikatakan Vector, “hal-hal yang dapat saya lakukan sangat terbatas”. Dan meskipun Valve sebelumnya mengatakan akan “benar-benar ingin merilis (SDK) di beberapa titik”. Jika Valve merilis SDK kemungkinan hasilnya lebih baik lagi.

Oleh Karena itu, hal ini benar-benar cukup kreatif mengingat jadwal rilis Half Life Alyx baru beberapa hari. Belum lagi SDK yang umumnya dimiliki Modder untuk memaksimalkan hasil karyanya belum rilis secara resmi. Harapannya agar segera rilis dan sang modder dapat menyelesaikan karyanya dengan baik.

Sumber: eurogamer