Modder Berhasil Jalankan Game Doom Melalui Lego

Jalankan Game Doom Melalui Lego

Entah apa alasannya, komunitas fans Doom saat ini sepertinya lebih fokus dalam menjalankan game di media yang tak masuk akal dibanding memainkan gamenya. Setelah perangkat BIOS Motherboard dan telepon putar kini salah seorang Modder berhasil jalankan game Doom melalui Lego, sebuah mainan dengan konsep “bongkar pasang” yang terdiri dari berbagai bagian-bagian kecil yang dapat dibentuk sesuai keinginan.

Mengingat gamenya sendiri yang sangat ringan dan gameplay yang terbilang sederhana sepertinya menjadi alasan utama banyak modder mencoba menjalankan di berbagai media yang aneh. Entah karena hanya iseng atau sekedar nostalgia sekaligus mencari pengalaman baru, namun tentunya hal tersebut mampu membuat komunitas tetap aktif, terlebih umur game kini sudah berusia “kepala dua”.

Jalankan Game Doom Melalui Lego, Modder Unjuk Proses Pembuatannya

Modder Berhasil Jalankan Game Doom Melalui Lego 3

Seorang modder bernama James Brown baru saja mengunggah video melalui Twitter yang memperlihatkan game Doom dijalankan melalui sepotong bongkahan Lego, yang dikenal sebagai mainan bongkar pasang yang cukup ternama. Projek ini diawali oleh sebuah eksperiman dimana sang modder mencoba membuat komputer mini dari mainan Lego. Komputer tersebut juga lengkap dengan berbagai perangkatnya seperti keyboard dan monitor, semua terbuat dari Lego.

Keberhasilan eksperimen tersebut kemudian berlanjut dengan dijalankannya game dalam komputer. Dengan layar berukuran 0,42 inci tersebut, rupanya game lancar untuk dimainkan. Meski memang bukan dimaksud untuk menjadi alternatif dalam memainkan game, namun hal ini dapat dikatakan menjadi sebuah pencapaian yang unik bagi sang modder.

https://twitter.com/ancient_james/status/1538651525945630720?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1538651525945630720%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.pcgamer.com%2Fyeah-you-can-run-doom-on-a-lego-brick-pc-now%2F

James Brown juga sekaligus memperlihatkan proses perakitan komputer melalui halaman Twitternya. Dalam thread ditunjukan kerumitan dalam proses pembuatan komputer yang ditenagai dengan processor STM32F030F4P6 (Cortex M0, 16K flash, 4K ram) beserta dengan layar monitor QT1306P82 berukuran 0.42″ OLED.

Media Aneh Lainnya untuk Menjalankan Game Doom

Modder Berhasil Jalankan Game Doom Melalui Lego 4

Tak hanya sebongkah Lego, baru baru ini juga dikabarkan bahwa karya id Software tersebut mampu berjalan dalam BIOS Motherboard yang diberi judul Core Doom, dikembangkan oleh modder Nicholas Chin. Kabar lain juga datang dari developer bernama Yoshino yang berhasil menggunakan telepon putar sebagai controller untuk bermain Doom.

Selain BIOS Motherboard dan telepon putar, banyak eksperimen-eksperimen aneh lainnnya yang sempat digarap oleh para modder. Beberapa diantaranya seperti menjalankan game di alat tes kehamilan, piano, toaster bahkan ada juga yang melatih dua ekor tikus bernama Carmack dan Romero (nama developer Doom) untuk bermain game FPS tersebut. Dengan berbagai pencapaiannya, tak heran apabila modder bakal menggarap eksperimen aneh lainnya di masa mendatang.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Doom serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version