Tak Terima DMCA, Modder GTA V AI, “Lebih Baik Take-Two Fokus Buat Remake yang Benar”

Modder GTA V AI

Modder GTA V AI – Grand Theft Auto menjadi salah satu game yang paling aktif untuk urusan komunitas modding, dan GTA V tak menjadi pengecualian. Game yang dirilis ke PC pada tahun 2015 itu hingga saat ini masih sangat aktif dimainkan dan dimodifikasi dengan ribuan mod tersedia untuk diunduh.

Salah satu mod yang tengah menjadi viral baru-baru ini ialah Sentient Streets, sebuah mod berbasis AI yang memperbolehkan pemain untuk berbincang dan berinteraksi dengan NPC secara lebih dinamis. Namun dengan adanya takedown oleh pihak Take-Two, sang Modder merasa tidak terima dengan hal tersebut.

Modder GTA V AI Kesal dan Tak Terima Mod Buatannya Kena DMCA

Modder GTA V AI Kesal dan Tak Terima Mod Buatannya Kena DMCA

Meski tidak dimonetisasi dan tak lebih dari sekedar passion project dari sang kreator yakni Bloc, Take-Two mendadak mematikan proyek tersebut tanpa memberi pemberitahuan dan alasan sama sekali.

Halaman Nexus Mods dan juga video Youtube yang perlihatkan fungsi mod tersebut telah mendapat DMCA yang berakhir konten dihapus dari kedua situs. Hal ini tentu membuat sang kreator tidak senang.

Modder yang membuat mod AI GTA V merasa kesal dengan Take-Two

Lewat video merespon situasi ini, Bloc jelaskan bahwa ia masih belum tahu alasan di balik DMCA dari Take-Two. Dia mencoba menghubungi pihak perusahaan tetapi tidak mendapat respon yang diharapkan.

Tak hanya halaman Nexus Mods dan juga video Youtube dihapus, tetapi juga akun Netlify mereka yang menjadi halaman guide instalasi mod juga ikut ditarik tanpa pemberitahuan. Pihak dari Netlify sendiri tak ingin memberi penjelasan.

Modder GTA V AI, “Mending Take-Two Fokus Buat Remake yang Benar”

GTA V

Bloc ingin diskusikan masalah tersebut dengan pihak Take-Two atau juga Rockstar karena baginya mod yang ia buat tak melanggar apapun dan tidak ada alasan yang masuk akal sampai-sampai harus dihapus.

Saking emosinya terhadap situasi ini, Bloc berkata kepada bahwa Take-Two dan Rockstar seharusnya lebih fokus mengurus hal lain yang bermasalah di perusahaan mereka seperti “membuat remake yang benar dengan harga yang wajar” atau “berhenti membuang mobil [dari GTA Online] yang di mana telah dijual dan dibeli pemain” ketimbang mematikan para kreasi modder kecil.

Seperti yang diketahui, Take-Two baru saja merilis Red Dead Redemption ke PS4 dan Switch yang dihargai $50 tetapi hanya sekedar port biasa dari versi PS3/Xbox 360. Mereka juga sempat terlibat kontroversi karena membuat mobil lama dari GTA Online, tetapi pada akhirnya membuat mobil-mobil tersebut tersedia untuk pemiliki subskripsi GTA+.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang GTA beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version