Modder GTA V VR Kena Teguran Keras dari Publisher Take-Two

Modder Gta V Vr Kena Teguran Keras Dari Publisher Take Two

GTA Modder – Modder GTA V VR kena teguran keras dari publisher Take-Two dan diminta untuk menghapus semua aset – aset hasil modding miliknya.

Melakukan mod terhadap sebuah game, tentunya bisa memperpanjang umur dari game tersebut, terlebih apabila game yang di-mod merupakan game lawas seperti GTA misalnya. Mengapa begitu? Karena dengan adanya mod, maka bisa dipastikan game tersebut akan dimainkan kembali oleh para player-nya karena adanya tambahan konten unik seperti kostum, model karakter yang diubah, dan lainnya.

Namun, tentu saja bukan berarti para publisher/developer setuju dengan adanya mod seperti ini, seperti salah satunya adalah Take-Two dan Rockstar yang saat ini memberikan peringatan keras kepada salah satu modder untuk GTA VR di Patreon.

Modder GTA V VR Kena Teguran Keras dari Publisher Take-Two

Informasi ini kami peroleh melalui situs The Verge, yang menuliskan bahwa seorang modder bernama Luke Ross, menerima email bahwa publisher Take-Two melakukan claim DMCA terhadap mod – mod GTA VR yang dirinya publish di Patreon.

Berikut adalah isi email yang dikirim kepada Luke Ross:

Richard (Patreon)

Jul 6, 2022, 8:54 AM PDT

Hello,

My name is Richard, and I’m contacting you from the Patreon Trust & Safety team

We recently received a copyright claim for works you are making available on Patreon. Specifically, the claim comes from Take-Two Interactive Software, Inc., parent company of Rockstar Games, Inc. and 2K Games, Inc., who owns the rights to Grand Theft Auto, Red Dead Redemption 2, and Mafia Definitive Edition being utilized in your posts on Patreon.

We ask that you remove all copyrighted works from your Patreon page. If you are unable to remove these works in a timely manner, or if we have trouble determining the extent of the potential infringement on your page, we may suspend your account or the posts in question until all claimed materials have been removed.

For more details regarding what you can do when you receive a DMCA against your page, you can go here: https://support.patreon.com/hc/en-us/articles/208020666-What-happens-when-I-receive-a-DMCA-notification-of-claimed-infringement-

Please note that even in the even that you file a counter-notice, you will still need to remove the claimed content from your page.

Thank you in advance for understanding and for addressing this claim. Please let me know if you have any questions or concerns.

Patreon Trust & Safety

Monday – Friday

9am – 6pm PST

Secara singkat, pihak Patreon menyatakan bahwa Luke saat ini diminta untuk menghapus semua karya mod miliknya yang terkena claim hak cipta dalam jangka waktu 48 jam setelah email ini dikirimkan.

Namun, pihak Patreon sendiri tidak menyatakan secara khusus karya mana saja yang harus Luke takedown karena terkena DMCA.

Luke sendiri menyatakan bahwa dirinya yakin bahwa sepertinya semua hasil karyanya tidak ada hak ciptanya. Dengan alasan, semua mod yang dia buat tidak menggunakan software dari Take-Two, lalu mod nya juga tidak dimaksudkan untuk menggantikan game original nya, sehingga dapat mengeksploitasi aset serta I.P dari Take-Two, karena orang yang ingin menggunakan mod-nya tetap harus membeli game aslinya.

Bagaimana Tanggapan dari Luke Ross?

Luke Ross

Jadi bagaimana tanggapan dari sang modder? Apakah dirinya akan menuntut kembali atau melayangkan protes? Sayangnya tidak, karena Luke akhirnya memutuskan untuk menghapus semua karya nya yang berkaitan dengan Take-Two untuk menghindari risiko yang dapat merugikan dirinya sendiri.

“[I]f left in the dark I can only err on the side of caution, and I will not risk other games being involved in the purge in case Patreon elects to shut down my page. That means that all posts, images, guides, recommendations, tutorials and above all my VR mods for GTA V, Red Dead Redemption 2, Mafia: Definitive Edition, Mafia II: Definitive Edition, Mafia III: Definitive Edition will be taken down and will no longer be accessible to download.

I refuse to believe that is what Take-Two Interactive Software, Inc. wants, because that would be an extremely anti-customer and anti-gamer move on their part. But I am not getting in a legal battle with them. If what they want is to assert their corporate dominance with gamers’ interests as collateral damage, I have no power to stop them.”

Secara singkat, dirinya menyatakan bahwa semua postingan terkait game – game dari Take-Two seperti gambar, guide, rekomendasi, tutorial, dan bahkan mod VR, akan di takedown sehingga tidak bisa lagi untuk mengakses maupun mendownload mod tersebut.

Sejujurnya Luke cukup kecewa dengan tindakan dari Take-Two yang dia anggap sangat anti-consumer, namun bagaimanapun Luke tidak mempunyai kemampuan untuk melawan tuntutan dari Take-Two, sehingga mau tidak mau dia harus mengikuti apa yang mereka inginkan, yaitu menghapus semua karyanya yang terkena hak cipta.

Bagi kalian yang penasaran, bisa mengunjungi halaman Patreon dari Luke disini


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version