Ternyata Bisa, Seorang Modder Iseng Gunakan Gameboy untuk Menambang Bitcoin

in , ,
Gameboy Untuk Mining

Di tahun 2021, naiknya mata uang Bitcoin telah dianggap seperti layaknya kabar duka bagi para gamer-gamer PC. Stok GPU yang mudah habis dan harganya yang kerap meroket telah sukses memaksa gamer untuk memikirkan ulang rencana mereka dalam mengupgrade sang PC kesayangan. Ketika VGA-VGA gaming kelas atas selalu dijadikan sebagai santapan utama para miner, fenomena ini rupanya juga memicu adanya suatu eksperimen menarik.

Pertanyaan mengenai kenapa aktivitas mining wajib memerlukan adanya hardware dengan daya power yang tinggi seolah telah baru saja coba dikemukakan oleh seorang modder sekaligus youtuber bernama Stacksmashing. Beliau sendiri kebetulan baru saja menemukan cara alternatif yang sangat unik untuk mencari bitcoin di luar penggunaan VGA/GPU. Dimana cara satu ini walau secara teori dan prosedur memang bisa dilakukan, sebaiknya kami sarankan untuk tidak usah kamu tiru (bila kamu calon miner).

Masih berhubungan tentang perangkat video game, Stacksmashing di sini ingin mengajak para viewer-nya melihat potensi konsol handheld lawas Gameboy dalam melakukan proses mining. Khususnya, ketika ia menjalankan program hashing untuk memecahkan blockchain-blockchain yang ada.

Lewat video yang bisa kamu saksikan di atas, Stacksmashing perlu memanfaatkan kabel link dan chip microcontroller dari Raspberry Pico untuk bisa menghubungkan konsol Gameboy dengan internet sekaligus juga komputer yang menjalankan adanya notasi-notasi bitcoin. Setelah terkoneksi, konsol Gameboy tersebut ternyata bisa menjalankan program hashing melalui cartridge modifikasi yang si Youtuber gunakan sebagai wadah.

Namun seperti yang sudah bisa ditebak, kecepatan atau performa mining yang dilakukan oleh konsol lawas Nintendo ini rupanya sangat lambat. Prosesnya mining-nya hanya mampu berjalan dalam kecepatan 0,8 hash perdetik. Alias, terpaut sangat begitu jauh dengan hardware-hardware terkini untuk mining yang bisa berjalan 125 trilliun kali lebih kilat di tingkat 100 Terahash per detik. Sehingga bila kamu ingin mendapatkan bitcoin dengan konsol yang hanya memiliki daya 4 baterai AA tersebut, kamu perlu bersabar menunggu waktu setidaknya hingga trilliunan tahun.

Walau tentunya tergolong mustahil dan sama sekali tidak disarankan menambang bitcoin dengan menggunakan konsol Gameboy, ini bisa dibilang tetaplah merupakan suatu penemuan yang cukup unik untuk diwartakan.

Sumber: Stacksmashing


Baca pula informasi lain terkait Mining, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.