Modder Kini Ubah Grafik Burik PS1 Menjadi Bening Menggunakan AI

Cover 3

Modder dan game jadul tentunya punya hubungan yang tidak terpisahkan, para modder juga tidak pernah menahan diri untuk memodifikasi game-game yang bagi mereka bagus untuk mendapat sentuhan mereka. Mereka bahkan bisa dibilang kini mampu bersaing dengan developer asli game-gamenya untuk urusan memodifikasi grafis atau bahkan konten dalam game tersebut. Seperti yang para modder dari game Final Fantasy 7  dan Final Fantasy 9 lakukan dimana mereka bahkan kini mengaplikasikan kecerdasan buatan atau AI untuk memodifikasi game tersebut dalam urusan grafisnya.

Hal ini sendiri bisa mereka realisasikan karena beberapa game di era Playstation 1 dahulu memang tidak murni menggunakan aset 3 dimensi, melainkan menggabungkan model 3 dimensi dari karakter-karakter yang ada dengan latar belakang 2 dimensi. Game-game seperti Final Fantasy di jaman Playstation dulu memang telah memiliki style latar belakang yang indah, namun karena keterbatasan kemampuan konsol jaman dahulu tentunya para developer harus mengkompres grafik aset gamenya agar dapat muat dengan CD maupun konsol jadul.

Akibatnya, ketika kamu mencoba memainkan kembali game-game jadul tersebut di TV atau layar dengan resolusi yang jauh lebih tinggi (katakanlah FULL HD) Kamu akan mendapatkan gambar game yang blur dan tidak fokus, karena memang kamu seperti melihat sebuah gambar JPEG yang dibesarkan paksa.

Inilah yang akhirnya coba diubah oleh para modder, dengan bantuan AI neural networks bernama ESRGAN atau Enhanced Super Resolution Generative Adversarial Networks mereka dapat melakukan analisa untuk aset-aset yang ada di game jadul tersebut dan secara cerdas memperbesar ukurannya sambil tetap membuat gambarnya tetap tajam. PCGamer pun menuliskan bahwa ESRGAN ini bukanlah satu-satunya AI yang dapat memodifikasi grafis game jadul. Namun mereka menganggap bahwa ESRGAN adalah salah satu yang paling berhasil.

Para modder pun kini berlomba-lomba untuk memaksimalkan AI ESRGAN ini untuk dapat memodifikasi lebih banyak game, atau sekedar mencari kombinasi terbaik untuk mendapatkan hasil paling maksimal dari upscale grafik yang bisa dilakukan oleh AI ini. Dan bukan tidak mungkin bahwa kedepannya para modder dengan dibantu dengan AI ini dapat memodifikasi game-game jadul untuk tampil dengan grafik yang sama beningnya dengan game-game sekarang. Atau bahkan mungkin nantinya para modder dapat memasukkan AI ini langsung berjalan sekaligus dengan emulatornya.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang modder atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

Exit mobile version