Modder Lokal Suntikkan Kerajaan-kerajaan Indonesia Ke dalam Age of Empire III

in ,

Jika kita pikir-pikir kembali, ada banyak hal di Indonesia yang bisa saja diadaptasi menjadi video game. Cerita rakyat ataupun dongeng bisa saja disulap menjadi plot cerita untuk game seperti The Witcher, atau mungkin kerajaan-kerajaan di Indonesia bisa saja dibawa ke game strategi seperti Civilization atau Age of Empire.

Yang kita perlukan sekarang hanyalah orang yang mempunyai ambisi untuk membawa budaya sekaligus tokoh Indonesia tersebut kedalam bentuk game. Modder lokal dengan nama Strug ini tampaknya sudah mencoba untuk melakukan hal tersebut lewat mod Struggle of Indonesia.

Struggle of Indonesia bukanlah sekedar mod biasa, mod ini akan menjadi total conversion dari game Age of Empire III. Dengan kata lain, modder mencoba untuk mengubah total seluruh yang ada di base game hingga menjadi layaknya game yang berbeda. Lewat total conversion ini, sang modder menambahkan civilization baru, map baru, soundtrack baru dan UI baru yang semuanya tentu akan bertema Indonesia.


Struggle of Indonesia dirilis pada 10 Desember kemarin, Strug mengumumkan bahwa yang dia rilis ini adalah versi penuh dari mod tersebut, namun bukanlah versi final. Lewat fanpage Facebooknya mereka mengatakan bahwa mereka masih ingin menambah lebih banyak konten ke dalam mod ini. Bahkan saat ini mereka sedang meminta bantuan gamer lain untuk pengisi suara maupun ahli desain.


Untuk saat ini kalian bisa mencoba versi penuh yang Strug rilis di Moddb. Pada versi satu ini, kalian dapat bermain sebagai Erucakran, Surakarta, Yogyakarta dan Mangkunegara. Tiap civilization ini memiliki kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing, sekaligus memiliki unit atau bangunan unik tersendiri.

Seperti yang yang sebutkan sebelumnya, mod ini juga mengubah soundtrack yang ada di game. Maka dari itu, selama bermain kamu akan diiringi oleh lantunan merdu dari Gamelan. Tak hanya itu saja, suara yang dikeluarkan tiap unit juga akan mengunakkan bahasa jawa yang mungkin akan terdengar menggelitik bagi kalian yang bukan orang jawa.


Modder dari SoI ini tengah menyelesaikan beberapa civilization baru untuk kalian bisa mainkan. Berbeda dengan sebelumnya yang diisi oleh kerajaan Jawa, nantinya mereka menambahkan Aceh, Minangkabu dan Johor.

Selain itu, mereka juga umumkan bahwa mereka akan mengerjakan Alpha 1 – Abiyasa yang mereka targetkan rilis tahun ini. Pada Alpha 1 ini adalah mereka akan menambahkan lebih banyak civilization, map, musik dan masih banyak lagi.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.