Modder Mulai Kembangkan Ray-Tracing di Port PC Super Mario 64 Buatan Fans

in ,
Sm64

Setelah source code bocor, port PC dari Super Mario 64 dirilis seorang fan pada pertengahan tahun ini. Nintendo berusaha matikan proyek ini berkali-kali, sayangnya selalu ada celah dari komunitas antusias.

Tak hanya mendukung widescreen dan framerate 60 FPS, port ini juga mendukung mod support serta DX12, maka implementasi ray-tracing dapat dilakukan pada game keluaran tahun 1996 ini.

Tak perlu waktu lama untuk menunggu hal tersebut terjadi, Modder Dario telah suntikan teknologi pencahayaan real-time tersebut ke dalam visual jadul Super Mario 64. Implementasi ini tak hanya membuat arah bayangan lebih “benar”, tetapi juga salah satu power-up yaitu Metal Mario kini miliki refleksi dinamis .

Melihat ini hanya bermula sebagai proyek iseng semata, optimisasi masih sangat buruk. Dari perkembangan Dario sejauh ini, ia hanya bisa jalankan proyeknya di 720p/30 FPS dengan GTX 1080 miliknya yang dimana GPU tersebut memang tidak miliki hardware compatible ray-tracing.

Tweet terbaru Dario unjuk seberapa flexible program renderer yang ia kerjakan. Secara tidak langsung ia mengajak para modder lain untuk mengombrak renderer buatannya agar dapat ciptakan efek yang lebih kompleks lagi.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.