Modder Pun Sampai Turun Tangan Demi Benahi Efek Hujan di GTA Definitive Edition

Rain Before After

Entah apa masalah sesungguhnya, bukan hal yang asing lagi bagi para gamer bahwa peluncuran GTA Definitive Edition menuai banyak perkara. Mulai dari hadirnya sejumlah bug, tekstur grafis yang kurang memuaskan, lagu dan cheat yang dihilangkan bahkan beberapa pemain dilaporkan tidak dapat menjalankan gamenya sama sekali.

Namun, yang belakangan ini sempat ramai diperbincangkan adalah masalah penampilan efek hujan dalam game. Dimana terlihat sangat buruk hingga membuat beberapa pemain melontarkan sejumlah kritikan seperti “bikin sakit mata” bahkan ada juga yang menyamakan dengan filter di aplikasi Snapchat. Menanggapi hal tersebut, komunitas modding GTA pun akhirnya harus turun tangan demi membenahi efek hujan agar dapat terlihat lebih baik.

Mod ini dikatakan mampu membenahi efek hujan dengan membuatnya menjadi lebih transparan. Karena hujan di versi vanilla dianggap terlalu tebal sehingga membuat pandangan pemain terhalangi. Modder GTATrilogyMods kini sudah merilis modnya melalui situs Patreon dalam versi 1.1 dan dapat diunduh secara gratis.

Modder Pun Sampai Turun Tangan Demi Benahi Efek Hujan di GTA Definitive Edition 2

Untuk saat ini, modder juga sedang mengembangkan versi 1.2 yang kabarnya akan terlihat lebih baik lagi. Namun, pengembangan versi terbaru tersebut masih dalam tahap early access dan hanya dapat diunduh bagi para penyumbang di Patreon.

Tak hanya membenahi efek hujan, para modder saat ini juga tengah disibukan untuk merombak beberapa aspek dalam game. Beberapa diantaranya seperti restorasi lagu radio yang dicabut, penghapusan outline berwarna putih untuk NPC yang ditargetkan, dan juga pembenahan tekstur pada baju anggota gang di GTA San Andreas.

Meskipun begitu, permasalahan yang harus dihadapi para modder adalah dari pihak developer atau publisher yang dikenal kurang mendukung hadirnya komunitas mod. Mengingat rekam jejak Rockstar dan Take-Two yang sering melakukan takedown bahkan hingga melayangkan gugatan, sehingga mod sewaktu-waktu kemungkinan dapat dihapus dari internet. Terlepas dari itu, mungkin hal ini juga dapat dijadikan pelajaran bagi Rockstar untuk lebih memperhatikan kualitas gamenya di masa mendatang.


Baca juga artike-artikel lainnya terkait GTA Definitive Edition serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version