Modder Steam Deck Paling Niat, Berhasil Tambah RAM Menjadi 32GB!

Modder Steam Deck

Aksi modifikasi adalah suatu hal yang tentunya menantang dan beresiko untuk dilakukan. Namun, tidak dengan modder Steam Deck satu ini, yang telah berhasil menambah RAM pada handheld tersebut menjadi 32GB, dari sebelumnya yang hanya sebesar 16GB.

Modder Steam Deck Berhasil Tambah RAM Jadi 32GB

Steam Deck ternyata masih populer

Tampaknya kapasitas memori atau RAM yang ditanamkan pada Steam Deck masih saja dirasa tidak terlalu memuaskan untuk ukuran zaman now. Walau RAM 32GB masih belum terlalu umum untuk handheld computer dengan kemampuan gaming ala kadarnya, namun modder Steam Deck ini tetap berusaha untuk mencobanya.

Walaupun opsi upgrade amat sangat terbatas untuk handheld dari Valve ini, ternyata tidak menciutkan semangat modder Steam Deck bernama Balázs Triszka untuk lakukan modifikasi. Melalui cuitannya baru-baru ini, ia membuktikan upgrade handheld tersebut sama sekali tidak mustahil, walau tidak direkomendasikan.

Modifikasi Steam Deck

Balázs berhasil menambahkan RAM Steam Deck dari sebelumnya hanya 16GB menjadi 32GB. “Hari ini aku telah memodifikasi Steam Deck milikku. Menambah RAM-nya menjadi 32GB. Tidak sabar rasanya untuk mencoba upgrade lainnya. Oh iya, aku akan membersihkan sisa solderannya nanti,” ucapnya.

Modifikasi akan Hanguskan Garansi Steam Deck Milikmu

RAM 32GB untuk Steam Deck? Ide bagus!

Selain beresiko, memodifikasi Steam Deck juga dipastikan akan menghanguskan garansi handheld buatan Valve tersebut. Proses modifikasi juga tentunya membutuhkan peralatan dan ketelelitian saat eksekusinya.

Modder Steam Deck tersebut juga mewanti-wanti modifikasi memori atau RAM adalah salah satu yang amat beresiko. Hal tersebut dikarenakan modul RAM disolder sedemikian rupa pada PCB yang cukup berdempetan dengan komponen lainnya.

Bagian memori (di bawah huruf A)

Balázs Triszka mengungkapkan bahwa modifikasi pada memori Steam Deck yang ia miliki justru lebih ‘gampang’ karena Valve tidak menambahkan lapisan untuk mengamankan solderan memori, membuatnya lebih mudah saat akan lakukan proses modifikasi.

Tidak lupa Balázs memamerkan Steam Deck miliknya yang kini gunakan memori 32GB. Meski ia belum menunjukkan di mana letak perbedaan performa saat mainkan game, kemungkinan akan terdapat peningkatan sekitar 3-5% saat mainkan game yang haus memori.

Gimana menurutmu, brott? Kalau ada jasa upgrade RAM Steam Deck, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version