Modder Tools Screenshot Cinematic The Division, Dibanned Seumur Hidup

in , ,
Image credit: Petri Levälahti Diambil melalui Kotaku.com

Menjadi hal yang wajar jika kalian ingin mengambil screenshot terbaik pada game favorite kalian, awal februari lalu seorang modder tools asal finlandia  baru saja mengupdate softwarenya agar capable untuk game The Division agar bisa mengambil screenshoot dengan kualitas cinematic yang sangat indah. Akibat dari hal tersebut pada tanggal 6 Februari lalu publisher The division terpaksa mengkuhum modder yang bersangkutan dengan ganjaran ban seumur hidup.

Image credit: Hodgedogs
via Flickr

Cinematic tools sendiri merupakan software yang dikembangkan oleh seorang mahasiswa fisika Finlandia bernama Matti Hietanen untuk membantu para player mengendalikan kamera in-game demi tujuan mengambil screenshot atau footage dari game tersebut. Dia telah membuat tools untuk 22 game, mulai dari Battlefield 1 sampai Dark Soul II. Saat program berjalan player akan memencet hotkey dan bisa memiliki mode free cam, bisa menstop waktu, dan bisa menghilangkan HUD, kalian juga bisa membuat matahari terbenam dan masih banyak lagi.

Image Credit: Petri Levälahti
Via: Twitter

Hietanen pertama kali memperkenalkan tools ini pada game The Division pada tahun 2016, namun hal tersebut tak disambut baik oleh sistem anti cheat ubisoft dan ubisoft langsung membuat software tersebut tak dapat  digunakan. Bulan lalu Hietanen mulai mengoptimisasi softwarenya lagi sehingga dapat digunakan kembali, banyak orang yang akhirnya mengambil banyak screenshot keren dari berbagai angle. Akhirnya pada 6 Februari lalu pihak Ubisoft pun mengambil langkah tegas dan membanned dia secara permanen.

“kami telah mendeteksi tindakan berulang dimana hal tersebut melanggar aturan kame. Perlu diperhatikan bahwa kami perlu mengambil langkah untuk menjaga pengalaman bermain kami tetap nyaman bagi player lain, dan hal ini adalah penyebab ban permanen. Kamu untuk kedepanya tak dapat bermain Tom Clancy’s The Division.“ Menurut foto dari twitter Hietanen.

Menurutnya hal tersebut diakibatkan penggunaan software Cheat Engine dimana banyak pengguna lain yang memodifikasi kamera dengan memanfaatkan Cheat Engine juga mendapatkan nasib yang sama denganya. Sejauh ini ia tidak menyesali tindakanya karena gambar yang ia dapat sangat keren dan membuat kita tak percaya bahwa ini ada didalam game tersebut.

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person