Mode Anti-Cheat CSGO, “Trusted-Mode” Alami Masalah

in ,
Trusted Mode sudah bermasalah sejak rilis.

Masalah bermain curang atau cheating dalam video game kompetitif merupakan masalah lama yang takkan pernah ada habisnya. Berbagai cara yang dilakukan oleh developer untuk mengatasinya tak jarang selalu berhasil ditembus oleh para pemain-pemain nakal tersebut. Membuat istilah yang sering diucapkan bocah edgy Indonesia, “no system is safe” yang diambil dari sebuah film tersebut menjadi kenyataan yang telah berjalan selama bertahun-tahun.

Cheating telah menjadi makanan rutin bagi beberapa game. Khususnya game shooter yang hampir tidak pernah absen menjadi korbannya. Tak sedikit developer yang kesulitan menghadapi ulah mereka. Termasuk developer veteran sekelas Valve, dengan Counter-Strike: Global Offensive atau CSGO yang kini mereka gratiskan bersamaan dengan perilisan mode battle royale Danger Zone beberapa bulan silam.

Berbeda dengan game shooter modern, anti-cheat Valve memang sangat mudah ditembus. Terbukti dengan masih banyaknya cheater yang berkeliaran di luar sana. Meskipun mereka masih kewalahan menanganinya. Namun melalui update terbaru CSGO bernama “Trusted-Mode”, mereka pada akhirnya bisa memberikan solusi baru bagi gamenya, yakni dengan cara membatasi software cheat agar tak mengakses file gamenya.

Namun, belum lama sejak Trusted-Mode dirilis, anti-cheat tersebut justru alami masalah pada software recording dan streaming seperti OBS. Program gratis untuk merekam dan livestream yang sering digunakan oleh para streamer dan content creator tersebut kini tak bisa digunakan dengan CSGO.

Meskipun begitu, kamu masih bisa melakukannya dengan menggunakan fitur window capture mode yang dimiliki OBS. Dengan kata lain, kamu takkan bisa merekam aktivitasmu selama bermain CSGO secara fullscreen dan mengubah setting gamenya menjadi windowed fullscreen untuk merekam atau melakukan livestream.

Valve sendiri sangat memahami bahwa masalah seperti itu akan terjadi. Namun kamu takkan bisa melakukan apapun. Mereka hanya memberikan solusi dengan mematikan Trusted-Mode menjadi Untrusted yang bisa dilakukan dengan cara menambah command “-untrusted” pada setting game launch options.

Namun melakukan untrusted mode akan memberimu berbagai masalah. Salah satunya adalah “Trust score” yang menurun hingga disconnecting.

Langkah Valve memberikan “Trusted-Mode” memang patut diacungi jempol karena mereka tidak melakukan hal yang sama dengan anti-cheat Valorant yang menginstall program pengawas sendiri. Namun mode tersebut rupanya bermasalah dengan software lain yang tak berhubungan dengannya. Jadi, masih ingin melepasnya?


Baca lebih lanjut tentang Counter-Strike Global Offensive, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]