Fitur Rahasia PS1 Ini Akhirnya Terungkap Setelah 26 Tahun Tersembunyi

3486797

Konsol Playstation 1 bisa dibilang merupakan sistem konsol rumahan tersukses pada zamannya. Pertama kali rilis pada tahun 1995, konsol buatan Sony tersebut berhasil terjual lebih dari 100 juta unit dalam jangka waktu 11 tahun. Kesuksesan ini tentunya berkat kehadiran game-game klasik seperti Metal Gear Solid, Crash Bandicoot, Spyro dan sebagainya yang menyimpan rasa nostalgia hingga saat ini.

Sampai sekarang, konsol Playstation 1 masih menjadi perhatian bagi banyak gamer. Contohnya, bulan Desember lalu yang dikabarkan seorang developer baru saja merilis gamenya yang telah ia kerjakan selama 23 tahun. Kini, berita terbaru tentang PS1 kembali terungkap dengan ditemukannya fitur rahasia yang tersembunyi selama 26 tahun lamanya.

Seorang Youtuber bernama John Glasscock menjelaskan bahwa fitur tersebut memungkinkan para pengguna konsol untuk mengembalikan data save yang tidak sengaja terhapus. Caranya yaitu dengan menekan tombol R1, R2, L1 dan L2 secara bersamaan dan berulang kali di menu BIOS sampai data save yang terhapus kembali muncul. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat video di bawah.

Menurut Glasscock, fitur tersebut hanya eksklusif untuk Playstation 1 dan tidak tersedia di generasi Playstation lainnya sehingga tidak diketahui banyak orang. Selain itu, Sony juga tidak menjelaskan apapun di buku manual tentang adanya fitur yang dapat mengembalikan data save yang terhapus. Tetapi anehnya, hal ini bukan sesuatu yang asing bagi pengguna Playstation 1 di Jepang. Channel Youtube bernama Cencored Gaming menjelaskan bahwa fungsi mengembalikan data save cukup umum di Jepang, bahkan juga dijelaskan di dalam buku manual untuk Playstation 1 versi Jepang.

Hingga kini, pihak Sony belum menjelaskan alasan mengapa fitur tersebut disembunyikan dan tidak diaplikasikan kembali di generasi Playstation berikutnya. Namun, pastinya penemuan ini merupakan hal yang menarik bagi para gamer, terutama bagi kalian yang pernah atau bahkan sampai sekarang masih memiliki konsol Playstation 1. Hal tersebut juga memungkinkan adanya fitur-fitur lain yang masih tersembunyi dan menunggu untuk diungkapkan.


Baca juga artike-artikel lainnya terkait Playstation serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version