Modif Storage Steam Deck Ini Tambahkan SSD Berkapasitas 61TB

Storage Steam Deck

Modifikasi di Steam Deck bukanlah hal baru. Valve memang memberikan kelonggaran bagi mereka yang mau mengotak-atik handheld mereka. Hanya saja, bagaimana kalau kalian bisa memasang SSD dengan kapasitas 61TB?

Ya, sekilas kalimat tadi terdengar mencengangkan. Bagaimana mungkin ada SSD dengan ukuran seperti itu ada? Kalaupun ada ya memangnya muat ya di Steam Deck?

Modifikasi Storage Steam Deck Berhasil Tambah SSD 61TB

Hasil modif SSD 61,44TB (Sumber: StorageReview)

Memang, kalau lihat dari modif yang dilakukan StorageReview ini (via Inverse), SSD tersebut sudah pasti tidak akan muat di handheld buatan Valve ini. Pasalnya drive yang digunakan adalah SSD kelas enterprise bernama Solidigm P5336 dengan kapasitas 61,44TB.

Implikasi modifikasi ini berhasil membuktikan kalau handheld Valve ini juga bisa menggunakan SSD kelas datacenter namun tentunya dengan berbagai perubahan drastis pada gaming device tersebut.

Tidak lagi jadi portable setelah terpasang mod

Soalnya, kalau mod ini terpasang, berarti kalian sudah tidak bisa lagi membawa Steam Deck itu kemana-mana. SSD tambahan ini membutuhkan power supply ATX terpisah karena daya dari port M.2 sudah cukup untuk mentenagai size masif dari Solidigm.

Tak Hanya PSU ATX, Modif Ini juga Butuh Konverter SSD U.2 Tambahan

Kemana-mana bawa PSU dan SSD (Sumber: StorageReview)

Ngomong-ngomong soal port, SSD tersebut juga hanya mendukung port U.2 dan bukan M.2. Berarti butuh konverter dan enclosure tambahan agar SSD ini bisa masuk dan terbaca. Jadi kalau kalian masih kepikiran untuk membanggakan Steam Deck dengan SSD masif ini kemana-mana, yang jelas kalian tidak mudah membawanya seperti Steam Deck biasa.

Belum lagi power pin PSU ATX ini harus diakali dengan di-short agar terus-menerus menyala dan menyuplai daya ke SSD dimaksud. Cuma kalau semua langkah tadi berjalan dengan mulus, performa sequential read meningkat dari 2300 MB/s ke 3600 MB/s.

Yah, ide modifikasi ini memang keren hanya saja bukan diperuntukkan untuk pengguna awam, selain harga SSD tersebut yang mahal, mungkin kalian lebih butuh handheld yang bisa dibawa-bawa kan brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version