Moonton Menang Gugatan, Tencent Bayar Denda Capai Ratusan Juta Rupiah

Moonton Menang Gugatan

Moonton Menang Gugatan — Setelah melalui proses yang cukup panjang, Moonton akhirnya berhasil memenangkan gugatan dari Tencent di pengadilan. Dikabarkan bahwa 2019 lalu, mereka menggugat Tencent yang menyebarkan informasi palsu sehingga menghambat kerja sama dengan pihak terkait.

Hal tersebut akhirnya dianggap menjadi penghambat serius pada bisnis mereka dan Tencent diwajbkan untuk bertanggung jawab.

Moonton Menang Gugatan Atas Tudingan Pencemaran Nama Baik

Tudingan pencemaran nama baik dimenangkan developer MLBB

Sebelumnya, Tencent memberikan surat peringatan kepada partner Moonton yang berada di Indonesia. Surat tersebut ditujukan pada RevivalTV, salah satu media esport Indonesia di bulan September 2018 lalu. Surat itu merujuk pada gugatan 19,4 juta yuan (sekitar 41.442.280.000 Rupiah) terhadap CEO Moonton Xu Zhenhua di China dan mengklaim bahwa CEO tersebut melanggar rahasia perusahaan untuk mengembangkan software game MLBB.

Namun, seperti yang disoroti oleh dokumen pengadilan, perselisihan tersebut juga melibatkan kasus terkait kontrak Xu Zhenhua, di mana kasus tersebut belum selesai sepenuhnya. Karena sebelumnya, CEO tersebut merupakan seorang karyawan di Tencent ketika ia mendirikan perusahaan pada tahun 2014.

Terlepas dari gugatan terhadap CEO mereka, tidak ada keputusan apakah Xu Zhenhua melanggar rahasia perusahaan. Akibatnya, developer game MLBB itu mengajukan gugatan pencemaran nama baik komersial atas surat peringatan yang dikirimkan di Indonesia.

Masih Terlibat Perseteruan Hukum

Keduanya masih terlibat perseteruan hukum

Saat ini, developer MLBB tersebut masih terlibat perseturuan hukum dengan Tencent di Amerika Serikat. Pada bulan Mei 2022 lalu, Tencent dan Riot juga sempat ajukan gugatan terhadap developer game MLBB ini atas pelanggaran hak cipta. Gugatan itu berisi bahwa adanya plagiat beberapa fitur dan konten League of Legends dan Wild Rift milik Riot Games. Mereka juga memberikan beberapa artwork, judul game, dan hero yang dikatakan menjadi hasil plagiat Moonton terhadap dua game tersebut.

Gugatan ini telah dikonfirmasi oleh pengadilan intelektual properti di Shanghai, dan hasilnya developer MLBB menang gugatan atas hal tersebut. Dikabarkan bahwa Tencent bayar denda sebesar 220.000 Yuan atau sekitar 469.964.000 Rupiah.

(Source: Esports Insider)


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version