Mortal Kombat 11 Ditarik dari Region Indonesia, Ukraina, dan Jepang (UPDATED)

mortalkombattt
Update (22/04/2019, 20:39 WIB)

Setelah lama tak ada kabar, rupanya pihak distributor Warner Bros menjelaskan bahwa pembatalan Mortal Kombat 11 disebabkan oleh logo komunisme yang ada di intro karakter Erron Black. Menurut salah satu penulis sekaligus “orang dalam” dari Play-Verse (media milik toko milik Hengky) yang dapatkan konfirmasi langsung dari distributor, Andika Tri Saputra Noor dalam grup Facebook PlayStation 4 Indonesia, terlihat dalam intronya Erron membawa kepala karakter botak yang diduga Hsu Sao dengan topi berlogo bintang merah yang juga merupakan logo komunisme.

Update (19/04/2019, 14:12 WIB)

Hengky kembali dapatkan pesan resmi dari distributor untuk kepastian pembatalannya. Sementara Warner Bros. masih tetap mengatakan bahwa mereka membatalkannya setelah kami tanyakan langsung dan enggan berikan keterangan lebih lanjut tentang alasannya.

Original Story
Ia tak jadi rilis di region Indonesia, Ukraina, dan Jepang.

Tawarkan aksi yang lebih sadis dari seri sebelumnya buat Mortal Kombat 11 jadi salah satu game fighting tertua yang dinanti oleh para fansnya. Sayang, penantian panjang para fans Mortal Kombat khususnya Indonesia, Ukraina dan Jepang sepertinya harus berakhir.


Menurut salah satu pemilik toko berlisensi resmi dari PlayStation, Hengky Tanuwidjaja, distributor resmi dari Warner Bros. yang menangani game tersebut mengatakan bahwa pemasokan Mortal Kombat 11 dibatalkan di Indonesia dan semua yang berkaitan tentang gamenya baik edisi fisik dan digital sudah dicabut termasuk laman steamnya.

Hengky juga menambahkan bahwa pihak resmi tak bisa memberikan alasannya ke ruang publik karena masalah yang sangat sensitif. Oleh karenanya ia menawarkan refund bagi kamu yang telah melakukan pre-order.

Tampilan situs PlayStation region Indonesia (klik untuk perbesar gambar)

Kami juga telah menelusuri langsung di situs resmi PlayStation region Indonesia yang tak menampilkan laman resmi gamenya sama sekali. Bahkan setelah kami cari secara manual. Laman resmi Steam Indonesia-nya pun tak miliki harga sama sekali. Indikasikan bahwa Warner Bros. tak ingin merilisnya di region Indonesia karena suatu hal.

Saat kami mencoba mencarinya secara manual (klik untuk perbesar gambar)

Alasan pembatalan rilis Mortal Kombat 11 tentu jika diperkirakan sudah menjadi rahasia umum mengingat betapa sadisnya adegan pembunuhan yang terjadi dalam gamenya. Terlebih, di seri teranyarnya ia justru nampak lebih brutal dari seri sebelumnya. Namun pernyataan Hengky karena “masalah yang sensitif” sepertinya bukan karena kebrutalan yang ada dalam gamenya.

Tampilan Steam yang berbunyi “Game ini tidak tersedia di region anda saat ini (Jepang)” saat kami menggunakan VPN. (klik untuk perbesar gambar)

Tak hanya Indonesia, rupanya gamenya juga tak dirilis di Jepang. Hal ini dikonfirmasikan di laman SteamDB yang juga tak memuat harga gamenya sama sekali di Jepang, termasuk Ukraina, dan Indonesia. Bahkan setelah kami mencobanya menggunakan VPN.

Menanggapi hal tersebut, Warner Bros. merespon pertanyaan salah satu fans gamenya dari Ukraina. Mereka mengatakan bahwa mereka membatalkan perilisan gamenya karena ingin memenuhi hukum yang berlaku di negara tersebut. Keputusannya mungkin akan berubah seiring perubahan hukum yang berlaku.

Hal yang sama juga dikonfirmasikan oleh mereka untuk pasar Indonesia. Mereka juga berdalih bahwa pembatalan tersebut disebabkan karena ingin mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.

Beberapa isu memang sempat menyeruak seperti kehadiran kostum karakter baru bernama Skarlet seperti yang dilaporkan oleh GameRant yang cukup sensitif bagi warga dan hukum di Indonesia berkat logonya. Namun hal tersebut tak bisa dibuktikan secara konkrit, mengingat kostum tersebut hanya ada di region Russia saja. Sementara beberapa isu lain menurut Hengky mengatakan bahwa terdapat oknum tertentu yang mengancam pihak Warner Bros. Asia untuk tak merilisnya di Indonesia.

Saat ini kami masih menghubungi pihak Warner Bros. untuk keterangan lebih lanjut, artikel ini akan kami update setelah kami mendapatkan informasi dari Warner Bros.

Mortal Kombat 11 rencananya akan dirilis di PC, PlayStation 4, dan Xbox One tanggal 23 April 2019 mendatang. Sayangnya kamu tak bisa menikmati gamenya baik melalui Steam maupun PlayStation 4. Warner Bros. akan kembali mereview ulang keputusannya sampai waktu yang belum ditentukan. Sembari menunggu, kamu bisa terus ikuti berita terupdate tentang gamenye melalui laman berikut.

Exit mobile version