Mortal Kombat 11 Gunakan Custom Unreal Engine 3, Versi Mobile Akan Gunakan Unreal Engine 4

mortal kombat 11 scorpion dark raiden

Unreal Engine 4 merupakan iterasi terbaru engine game populer milik Epic Games saat ini, tetapi hal tersebut tak melepas beberapa developer untuk tetap menggunakan versi sebelumnya. Mortal Kombat 11 menjadi salah satu contohnya.

Setelah sedikit kekeliruan yang terjadi pada halaman wikipedia game, Jon Greenberg, salah satu programmer dari NetherRealm Studios tegaskan apabila game fighting yang tengah mereka kerjakan masih menggunakan Unreal Engine 3. Meskipun tidak menggunakan iterasi terbaru, Greenberg jelaskan apabila UE3 yang mereka gunakan berbeda drastis dengan UE3 pada umumnya karena telah dimodifikasi total untuk menyesuaikan dengan proyek yang mereka kembangkan.

Disisi lain, versi mobile dari game ini yang ternyata akan gunakan Unreal Engine 4. Hal ini memunculkan pertanyaan kenapa mereka tidak gunakan UE4 saja untuk kedua versi game. Pertanyaan tersebut dijawab kembali oleh Greenberg. Dia menjelaskan alasan mengapa NetherRealm masih pertahankan engine lama ini pada versi console ialah karena migrasi engine akan memakan waktu lama serta proses yang rumit. Unreal Engine 3 yang mereka gunakan saat ini merupakan modifikasi total yang telah disesuaikan dengan proyek yang mereka kerjakan. Untuk migrasi ke engine baru, mereka harus membangun dan mengimplementasi kembali dari nol setiap modifikasi tersebut kepada engine baru yang justru tidak terlalu efektif.

Mortal Kombat 11 akan dirilis untuk PS4, Xbox One dan PC pada 24 April 2019. Versi Nintendo Switch juga tengah dikembangkan, tetapi NetherRealm serahkan tugas porting tersebut kepada studio lain – Shiver Studio.

Exit mobile version