Mulai Juni, Semua Game Baru Steam Tak Lagi Bisa Dicek di SteamDB

Steamdb Rip
Kamu wajib memberikan mereka token agar bisa mendapatkan datanya.

Sebagai salah satu instrumen informasi yang dipercaya gamer selama bertahun-tahun, website Steam Database atau SteamDB selalu memberikan informasi game baru apa saja yang akan ditambahkan Valve ke platform penjualan game digital mereka tersebut.

Meskipun pada akhirnya hal tersebut hanya terbatas melalui sebuah kode sub package yang belum miliki kejelasan nama itemnya. Website ini juga kerap kali digunakan gamer untuk membandingkan harga dari setiap game yang dipasarkan di Steam. Namun sepertinya kerja keras mereka akan terhenti sebentar lagi.

SteamDB hari ini mengungkapkan bahwa mereka telah dipaksa Steam untuk berikan “Access Token” untuk mengakses package info atau database game yang mereka jual. Dengan kata lain SteamDB takkan bisa mendapatkan informasi apapun dari package atau game yang tidak ada di Steam atau game yang tak miliki “Access Token”.

Pengumuman tersebut sekaligus memberikan sebuah pertanda bahwa SteamDB telah mati total. Karena tanpa “Access Token”, maka website tersebut hanya akan memuat data game yang telah ada di masa lampau, termasuk harga regional, DLC, maupun ekspansinya.

Tentunya player yang ingin membantu mereka bisa melakukan dump token dengan melakukan login ke website SteamDB setelah gamenya dirilis. Dengan kata lain, tanpa bantuan para player yang memiliki game atau software yang dibeli dari Steam, maka SteamDB hanya akan menjadi sebuah website database yang tidak update sama sekali.


Baca lebih lanjut tentang Steam, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version