Naoki Yoshida “Menyesal” Buat Final Fantasy XIV Jadi Terlalu “Nyaman”

Naoki Yoshida Final Fantasy Xiv

Penggemar game JRPG mungkin tidak asing dengan nama Naoki Yoshida selaku sutradara dari game Final Fantasy XIV dan XVI. Belakangan, sosok yang juga akrab disapa sebagai Yoshi-P ini berbagi cerita ekslusif dengan Famitsu akan kelanjutan dua game yang ia kepalai tersebut.

Teruntuk Final Fantasy XIV sendiri ketika ditanyai kemana arah game MMORPG keluaran tahun 2013 tersebut ke depannya, Yoshi-P justru mengungkapkan bahwa ia merasa ada “penyesalan” karena telah membuat gamenya lebih “bebas stres” dan terlalu “nyaman” untuk pemainnya.

Saya sadar bahwa kami harus terus memberikan kejutan yang melebihi ekspektasi para pemain. Namun, saya memiliki penyesalan terkait hal itu. Seiring berlanjutnya pengembangan Final Fantasy XIV, kami terus mencoba untuk membuat gamenya lebih nyaman dan bebas stres agar pemain dapat menikmati permainannya. Namun jika melihat selama 10 tahun ke belakang, saya pikir kami terlalu berlebihan dalam membawakan hal tersebut.

Naoki Yoshida

Kutipan diterjemahkan via Google Translate dengan penyesuaian.

Naoki Yoshida

Lebih lanjut, Yoshi-P juga ungkapkan bahwa ia merasa kenyamanan berlebihan tersebut justru menghilangkan “kesenangan” yang ia coba hadirkan dalam Final Fantasy XIV. Sehingga untuk kedepannya sang sutradara ingin bawakan kembali tantangan-tantangan yang lebih berarti daripada sebelumnya.

Tidak jelas apakah tantangan baru yang dimaksud oleh Yoshi-P ini akan disajikan dalam ekspansi Dawntrail yang rencananya akan meluncur di bulan Juni mendatang, atau justru untuk konten-konten lain yang direncanakan setelahnya. Namun ia juga ungkapkan bahwa sentimen tersebut tidak hanya untuk Final Fantasy XIV saja, melainkan game-game lain yang tengah ia kerjakan.

Bersamaan dengan ini, Yoshi-P juga bagikan hal-hal baru terkait Final Fantasy XVI. Salah satunya yang paling menarik adalah ia berikan sinyal bahwa perilisannya di PC mungkin tidak akan lama lagi, serta sebuah Demo yang akan hadir dalam waktu dekat. Kamu bisa cek spesifikasinya yang di butuhkan di halaman ini.

Walau belum ada tanggal perilisannya, fans mengekspektasikan bahwa versi PC-nya tersebut kemungkinan akan diluncurkan bersamaan dengan DLC The Rising Tide yang direncanakan meluncur jelang pertengahan tahun 2024 ini.

Nah, kira-kira bagimana tanggapanmu brott mengenai pernyataan Naoki Yoshida di atas brott? Yuk, langsung aja share pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version