NASA InSight Mars Lander Kirim Pesan Terakhir Sebelum Pergi Selamanya

Nasa Insight Mars Lander

Nasa Insight Mars Lander

NASA InSight Mars Lander – Keuletan NASA dalam menyingkap tabir misteri luar angkasa tampaknya harus diacungi jempol. Satu per satu planet dan objek di luar angkasa berhasil diidentifikasi oleh robot buatan NASA, dan dimasukkan ke dalam buku untuk dapat dijadikan referensi.

Namun, kini kami mendapati kabar menyedihkan di mana salah satu Robot NASA bernama InSight, kirim pesan terakhir sebelum robot tersebut pergi selamanya.

Robot NASA yang Luncur Empat Tahun Silam

Misi dari NASA InSight Mars Lander ini dimulai empat tahun silam, yaitu pada 5 Mei 2018 pukul 11L:05, dan sukses mendarat 26 November 2018 pukul 19:52 waktu setempat. Dimana Robot NASA tersebut ditugaskan untuk kumpulkan bermacam data seputar planet merah yang dirasa sulit bila harus dilakukan oleh manusia.

Robot bernama InSight tersebut langsung menunaikan tugas sebagaimana mestinya, dan kirimkan bermacam data ke pusat untuk memberikan gambaran besar dari planet merah tersebut yang konon katanya bisa ditinggali umat manusia.

Melihat terbit dan terbenamnya matahari, Sumber: NASA

Mulai dari menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari di planet tersebut, sampai kumpulkan data semacam suhu, dan seberapa banyak energi yang dimiliki Mars secara presisi. Untuk itulah robot tersebut didesain untuk menjelajah tanah gembur dan berpasir, serta daratan yang tak terduga.

NASA InSight Mars Lander Susul Mars Rover “Oppy”

Setelah menunaikan tugasnya selama empat tahun, tampaknya NASA InSight Mars Lander harus susul Mars Rover Opportunity alias “Oppy”. Di mana Robot NASA berbentuk kendaraan berbentuk rover tersebut kehabisan daya karena dilandai badai debu, membuat komponennya rusak dan tak bisa isi dayanya kembali.

Akhirnya resmi susul “Oppy

Namun, meski desain robot lain yang diluncurkan NASA untuk kumpulkan data kian disempurnakan, tampaknya tetap saja tak bisa melawan alam. Ya, NASA InSight Mars Lander kini ‘terpaksa’ harus mengalah dengan alam karena menumpuknya debu di panel surya miliknya.

Hal menyedihkan ini dicuit oleh tim yang kelola akun Twitter NASA InSight yang dapat kalian lihat di bawah:

“Tenagaku sudah sangat lemah. Besar kemungkinan ini adalah gambar terakhir yang bisa kukirim. Jangan khawatir denganku, eksistensiku di sini bisa dikatakan cukup produktif dan tenang. Kalau saya diizinkan untuk berbicara ke timku, tentu saya menyanggupinya. Namun aku akan pergi sebentar lagi. Terima kasih telah menemaniku.”

Terima kasih buat kontribusinya, NASA InSight!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version