MSI Afterburner Tidak Mendapat Dukungan dari MSI Selama Hampir 1 Tahun, Bagaimana Nasibnya?

Proyek Msi Afterburner

MSI Afterburner merupakan sebuah software overclock VGA yang terkenal di kalangan pengguna PC. Software ini memang selalu menjadi andalan untuk mereka yang ingin melakukan overclocking pada kartu grafis secara mudah.

Namun sayang sekali, ada kabar yang kurang mengenakkan dari developer yang mengurus software Afterburner ini. Alexey Nicolaychuk selaku pengembang software mengatakan proyek ini sudah tidak didukung oleh MSI selama hampir setahun terakhir. Mengapa begitu?

Software MSI Afterburner Ditinggalkan MSI?

MSI Afterburner

Alasan utamanya adalah tentu karena terjadinya perang antara Rusia dan Ukraina. Alexey yang berdomisili di Rusia ditelantarkan oleh MSI karena perang ini membuat perusahaan tersebut tidak bisa memberikan kewajibannya. MSI sendiri memang mengikuti peraturan internasional dan ikut melakukan sanksi terhadap negeri Beruang Merah.

Alexey ‘Unwinder’ Nicolaychuk Sumber: videocardz

Akibatnya, Alexey sudah tidak lagi dikontak oleh MSI selama lebih dari 11 bulan terakhir. Dia pun selama ini hanya melanjutkan pengembangan software Afterburner atas inisiatifnya sendiri. Dirinya juga mengatakan kemungkinan besar proyek ini sudah ditinggalkan oleh MSI.

Sebelumnya, jika ingin melakukan overclocking, pengguna PC biasanya menggunakan software RivaTuner. Namun program tersebut sudah tidak lagi dikembangkan dan Afterburner lah yang menjadi penerusnya. Afterburner sendiri dianggap sebagai software yang mendukung hampir semua kartu VGA yang beredar di pasar dan menjadi solusi yang paling populer saat ini.

Imbas Bagi Pengguna MSI Afterburner Setelah Ini

RTSS

Berita baiknya, RTSS (RivaTuner Statistic Server) tidak termasuk milik MSI dan otomatis tidak terhitung dalam sanksi. Jadi software 3rd-party yang menggunakan fitur itu tidak akan terpengaruh sama sekali.

Kartu VGA baru rilis

Imbas terbesar yang akan dialami pengguna setelah ini adalah kemungkinan besar dukungan kartu grafis terbaru tidak akan selengkap dulu dan mungkin juga tidak akan secepat zaman masih ada dukungan dari MSI. Alexey sendiri mengatakan dia hanya mengerjakan proyek ini di waktu luang saja.

Update terbarunya, MSI tengah mengurus hal ini dan dikarenakan perang, pihak MSI tidak dapat mengirim gaji Alexey. MSI juga tengah mengontak Alexey dan berdiskusi mengenai jalan keluar yang tepat.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version