NAT Games Minta Maaf kepada Seluruh Pemain Blue Archive Global karena Adanya Konten Kena Sensor

Blue Archive NAT Games

Beberapa waktu yang lalu, sempat heboh diantara komunitas pemain game mobile buatan developer NAT Games berjudul Blue Archive. Kehebohan tersebut terkait adanya konten yang kena sensor di Blue Archive server Global pada cerita terbarunya. Mengetahui banyaknya pemain yang marah, pihak NAT Games meminta maaf kepada seluruh pemain Blue Archive.

Blue Archive Versi Global Kena Review Bomb Karena Adanya Sensor

Hal ini bermula dari adanya konten salah satu scene cerita terbarunya yang kena sensor. Pemain menemukan adanya perbedaan Blue Archive versi Korea dan Jepang dengan versi Global. Perbedaan tersebut membuat beberapa pemain menjadi marah dan beramai-ramai memberikan review bomb pada game Blue Archive.

NAT Games Minta Maaf kepada Seluruh Pemain Blue Archive Global karena Adanya Konten Kena Sensor 4

NAT Games Minta Maaf kepada Seluruh Pemain Blue Archive Server Global

NAT Games Minta Maaf kepada Seluruh Pemain Blue Archive Global karena Adanya Konten Kena Sensor 5

Permintaan maaf ini mereka sampaikan lewat akun Twitter resmi Blue Archive. Melalui sebuah tweet, YongHa Kim selaku Chief PD Nat Games game Blue Archive meminta maaf kepada seluruh pemain game server global.

Dia beserta seluruh jajaran staf minta maaf adanya perubahan pada skenario Aris yang merupakan cerita baru Blue Archive server Global. Pada interview sebelumnya, dia pernah mengatakan bahwa game ini tidak akan kena sensor pada saat rilis nanti. Ternyata hal tersebut berbeda dengan hasilnya.

Pihak NAT Games mengakui bahwa pada saat mengatakan hal itu, mereka belum mempertimbangkan kondisi terkait aturan platform layanan pada Google Play dan App Store di beberapa negara. Dan pada akhirnya janji mereka tersebut membuat kecewa para Sensei (sebutan pemain).

Mereka harus mengikuti aturan tersebut dimana mereka memiliki beberapa opsi, seperti menghapus kontennya, mengubah gambar, atau mengganti produksi aset pada konten tersebut. Mereka pun mau tidak mau mengambil keputusan dengan mengubahnya dengan memperbesar gambar untuk menutupi bagian gambar sensitif yang dapat melanggar aturan tersebut.

Pernyataan Resmi Developer

Berikut ini permintaan maaf dari developer:

Kepada Sensei,

Halo, ini dari YongHA Kim selaku Chief PD Game Blue Archive.

Pertama-tama saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya terkait perubahan produksi cerita Aris versi Global.

Sebelum rilis, kami belum sepenuhnya mempertimbangkan situasi adanya perbedaan aturan di setiap region yang dapat mempengaruhi konten kedepan.

Sebagai hasilnya, saya tidak bisa menepati janji pada interview terakhir membuat para Sensei menjadi kecewa karena adanya perubahan konten ini. Sebagai tambahan, saya ingin membagikan informasi resmi terkait “sensor” pada konten kedepannya.

Aku ingin memastikan bahwa perbedaan skenario tersebut bukan dari kebijakan tim pengembang, permintaan publisher, ataupun perlakuan istimewa di negara tertentu. Dalam kasus ini, kami tidak punya pilihan lain untuk mengikuti permintaan dari luar.

Ada beberapa pilihan yang diberikan pada kami, mulai dari menghapus kontennya, mengubah gambar, atau merubah produksi . Dan kami mempertimbangkan pilihan terbaik adalah mengubah konten produksinya dengan meminimalisir potensi merusak konten tersebut. Tapi kami percaya bahwa menyediakan layanan yang stabil pada game jauh lebih penting.

Kami tim pengembang ingin berbagi kepada seluruh Sensei mendapakan konten original yang sama tiap region. Namun, terkait kebijakan yang berbeda di tiap region, kami tidak bisa mengelak permintaan dari pihak luar. Kedepannya, kami akan berikan daftar informasi update seperti adanya perubahan tanpa mengubah terlalu banyak konten original sebisa mungkin. Dan kami akan mengabari kalian semua apa saja konten terbaru atau perubahan pada game kedepannya.

Sekali lagi kami meminta maaf sebesar-besarnya kepada semua Sensei agar dapat menikmati Blue Archive. Saya berharap kalian tetap sehat selalu di akhir tahun ini dan kami akan mengambil langkah terbaik yang menjamin kalian tidak akan kecewa kedepannya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Blue Archive atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version