Ned Luke, Aktor GTA 5 Tolak Program AI yang Menggunakan Suaranya

Aktor Gta 5 tolak program AI

Aktor GTA 5 Tolak Program AI — Memanglah baru-baru ini konten AI ramai dipakai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Dengan kecerdasan buatan itu, komputer bisa memberikan hasil gambar atau suara replika dengan akurasi yang paling mendekati. Oleh sebab itu, maka tak heran lahir berbagai reaksi dari. khususnya penolakan sebagaimana yang Ned Luke lakukan.

Ned Luke, sosok dibalik karakter Michael de Santa Grand Theft Auto 5 baru-baru ini ungkap pertentangannya terhadap program AI. Khususnya saat ia tahu ada AI yang meng-copy suaranya tanpa persetujuan darinya.

Aktor GTA 5, Ned Luke Tolak Keberadaan AI

Aktor Michael de Santa Tentang Keberadaan AI

Ned Luke yang memerankan sosok Michael de Santa GTA 5 ungkapkan penolakannya terhadap AI, khususnya kepada WAME, yang menjiplak suaranya tanpa sepengetahuan dan persetujuan darinya.

Melalui postingan Twitter, Luke mengumpamakan AI sebagai penipu dengan mengatakan,”Gak ada yang keren dari menipu orang“. Selain itu, ia menasehati para penggemar untuk tidak “membuang waktu” ke hal-hal seperti ini.

Tanggapan WAME

Pernyaataan Resmi dari WAME

Pernyataan ini muncul setelah WAME memamerkan chatbot Michael, yang fatalnya juga disebut sebagai protagonis di game GTA 4. Padahal, Michael sendiri baru saja muncul di GTA 5. Dan setelah didatengin oleh Luke, WAME merilis sebuah pernyataan resmi yang berbunyi:

Dalam menghadapi kontroversi terkini seputar penggunaan suara Mr. Ned Luke dalam aplikasi kami, kami di WAME ingin menyampaikan pemahaman dan kekhawatiran mendalam kami. Insiden ini menyoroti hubungan rumit antara kemajuan teknologi AI dan ranah etika serta hukum.

Permintaan Maaf dari WAME

Pernyataan tersebut juga diiringi dengan beberapa poin yang terdiri dari maksud dan awal tujuan adanya suara AI-generated Michael de Santa, yang mana menjelaskan bahwa murni untuk meningkatkan imersi pemain, bukan untuk ekploitasi komersial. (poin 1)

Dalam poin kedua, meskipun suara tersebut berbasis suara Luke, WAME mengaku sebenarnya suara tersebut sudah disintesis dan disesuaikan kembali. Akan tetapi, setelah mendapat respon dari Luke, WAME langsung mengambil tindakan cepat dengan menarik kembali aplikasinya dan mengakui kelalaiannya. (poin 3)

Selanjutnya, WAME meminta maaf secara resmi kepada Luke dan berkomitmen untuk menegakkan keseimbangan antara hak cipta dan penggunaan AI yang etis. Dan insiden ini dirasa menjadi contoh perlunya kerangka hukum dalam penggunaan AI yang stabil. (poin 4 dan 5)

Kesimpulan

WAME berkomitmen untuk melindungi hak para voice actor/actress dan kreator dengan terus mengembangkan praktek AI yang beretika. WAMe percaya bahwa kontroversi ini menjadi momen dalam menyelaraskan teknologi AI dengan undang-undang yang relevan.

Sesungguhnya, penampilan Ned Luke sebagai Michael de Santa GTA 5 ini pernah direplikasi oleh AI sebelumnya. Namun, penolakan Luke ini tersuarakan di tengah maraknya kekhawatiran Voice Actor/Actress yang cemas talent mereka akan diganti dengan teknologi, khususnya di proyek-proyek resmi. Mengingat sekarang tidak sedikit developer game sendiri ada yang sudah mulai ‘nyicip’ kemampuan AI untuk perkembangan game mereka.

Bagaimana menurutmu sendiri, brott? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version