Ni No Kuni Cross Worlds Mengimplementasikan Crypto, Tuai Kritikan dari Para Playernya

Ni no Kuni Cross Worlds Crypto

Ni no Kuni Cross Worlds Crypto – Ni No Kuni Cross Worlds Mengimplementasikan Crypto yang akhirnya menuai banyak kritikan pedas dari para player-nya.

Saat ini, mengimplementasikan cryptocurrency di dalam sebuah game tentu bukanlah hal yang bijaksana bagi para developer/publisher. Mengapa? Karena muncul sebuah kekhawatiran bahwa nantinya developer/publisher akan lebih fokus ke sistem crypto-nya dibandingkan memikirkan gameplay atau cerita yang seru untuk para gamer.

Inilah yang terjadi kepada game Ni No Kuni: Cross Worlds, dimana game ini ternyata mengimplementasikan sistem crypto yang menuai kritik dari para player-nya.

Ni No Kuni Cross Worlds Mengimplementasikan Crypto

Informasi ini kami peroleh melalui situs Kotaku, dimana nantinya kalian bisa mendapatkan sebuah token crypto yang nantinya bisa kalian tukarkan ke koin crypto yang lebih umum.

Rangkaian Proses Penukaran Crypto di Gamenya

Sesuai jalur yang diberikan Netmarble, para player bisa menukar sebuah item bernama Territe yang bisa didapatkan dari gamenya, yang kemudian bisa ditukar menjadi sebuah token crypto dengan nama Territe Token (NKT).

Nantinya Territe Token (NKT) ini bisa kalian tukar lagi menjadi MARBLEX (‘dompet’ crypto dari Netmarble), dan terakhir tentunya koin – koin yang ada di ‘dompet’ kalian bisa ditukarkan menjadi koin crypto yang lebih umum seperti ETH, XRP, dan lainnya.

Selain diubah menjadi NKT, kalian juga bisa menukarnya menjadi Asterite Token yang berfokus pada PvP.

Menuai Kritik yang Cukup Pedas dari Para Player-nya

Sayangnya, lagi – lagi kekhawatiran gamers terbukti benar bahwa nantinya developer/publisher akan terlalu berfokus pada sistem crypto dibandingkan gameplay, terutama balancing karena game ini sendiri merupakan game MMORPG.

Berikut adalah salah satu komplain dari player Ni No Kuni: Cross Worlds terkait masalah crypto yang mereka usung

Komplain Seorang Player Terhadap Sistem Crypto di Ni No Kuni: Cross Worlds

Mengapa? Karena ternyata Territe sangatlah dibutuhkan untuk hampir semua aktivitas di dalam gamenya seperti crafting, upgrade, familiar training, dan lainnya. Sehingga tentunya bagi kalian yang F2P akan perlu grinding terus menerus untuk memperkuat karakter kalian, dan untuk kalian yang ‘sultan’ bisa langsung membeli Territe untuk mempercepat progress karakter kalian.

Memang hal ini sangat biasa terjadi di game MMORPG, dimana kita bisa membeli item premium dengan uang asli untuk mempercepat progress karakter kalian, namun yang menjadi masalah adalah Netmarble pernah berjanji bahwa crypto yang mereka usung tidak akan berdampak signifikan ke gameplay.

Sehingga saat ini, bagi mereka yang ingin mencoba mode PvP akan langsung dibantai habis oleh para ‘sultan’ yang sudah menghabiskan uang untuk melakukan gacha dan membeli item premium.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait berita game atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version