Ni no Kuni II: Revenant Kingdom Review – Petualangan Fantasy Penuh Keindahan

ninokuni2

Perubahan dan inovasi menjadi dua kata yang tak terpisahkan dari Ni no Kuni II: Revenant Kingdom. Meskipun saya melewatkan seri pertamanya, namun saya tak perlu khawatir akan ketinggalan cerita. Karena game ini memiliki cerita yang sama sekali berbeda dari iterasi sebelumnya. Absennya Studio Ghibli dalam pembuatannya, tidak serta merta membuat game ini kehilangan kualitasnya. Sebaliknya, ia justru menjadi game dengan kisah menarik yang dibalut dunia yang indah.

Raja yang Kehilangan Tahtanya


Game ini menceritakan Raja Evan Pettiwhisker Tildrum dari kerajaan Ding Dong Dell, yang dikhianati oleh penasihat kerajaannya, Mausinger. Ditargetkan untuk segera dibunuh setelah kekuasaannya dirampas, Evan kemudian bertemu dengan Roland, seorang Presiden dari dunia lain yang terlempar ke dunianya. Ia kemudian kabur dari Ding Dong Dell, untuk mendirikan kerajaan baru bernama Evermore. Impian Evan untuk menyatukan empat kerajaan lain agar tak terjadi perselisihan, menjadi awal petualanganmu di Ni no Kuni II.

Perubahan Signifikan

Melewatkan seri pertamanya, tak buat saya lupa untuk mempelajarinya. Berbeda dari iterasi sebelumnya yang fokus pada turn-based combat. Sistem battle seri kedua game ini, lebih condong ke action dengan transisi yang cukup singkat saat di world map, dan tanpa transisi apapun saat dalam dungeon.

Saat battle, kamu akan menyadari akan adanya Zing system yang ditunjukkan dengan angka di bawah setiap senjatamu. Jika angka tersebut capai 100%, maka serangan biasamu akan semakin kuat. Zing system juga mungkinkanmu untuk gunakan skill dan sihir yang kamu miliki.

Setiap karakter miliki dua jenis equipment, yang pertama adalah serangan jarak dekat, dan yang kedua adalah serangan jarak jauh. Terdapat tiga senjata jarak dekat dan satu senjata jarak jauh yang bisa kamu pilih. Serangan dari senjata jarak dekat miliki dua combo, berat, dan ringan. Combo ringan lebih cepat, sementara combo berat lebih lambat dengan damage yang besar. Tiap serangannya mungkinkanmu untuk lakukan recovery MP yang dibutuhkan oleh skillmu.

Sama seperti serangan jarak dekat, senjata jarak jauh juga miliki dua tipe serangan, ringan dan kuat. Serangan ringan akan menembakkan amunisimu satu persatu, sementara serangan berat akan miliki waktu charge yang tinggi dengan damage yang tinggi pula.

Beberapa elemen lain kurang lebih akan sama dengan seri terdahulunya. Kamu bisa melakukan awakening mode, dengan mengambil orb warna keemasan yang dijatuhkan oleh musuhmu. Dalam status awakening, sabetan pedangmu akan mengeluarkan energi cahaya yang menghantam dari jarak yang cukup jauh dengan damage yang cukup besar.

Jika kami pernah mereview Dragon Quest XI dengan kostumnya yang bisa diganti, maka Ni no Kuni II-pun memiliki hal yang sama. Bedanya, ia langsung menjadi satu set kostum tanpa perlu mengumpulkan bagian-bagiannya yang lain. Semua kostum bisa kamu dapatkan dalam gamenya tanpa DLC sama sekali.

Terdapat side quest yang menantang dan menarik. Mulai dari perburuan monster hingga tugas simple seperti mengantarkan barang. Nyaris semua side-quest dibuat sangat mudah, kecuali side-quest nomor dua yang dibuat cukup sulit dan hanya bisa kamu lanjutkan sembari menikmati kisahnya. Kamu bisa menemukannya di penjuru kota dengan tanda berwarna biru di map.

Sama seperti side-quest, perekrutan karakter juga terbilang cukup mudah dilakukan. Mulai dari informasi yang kamu dapatkan dari side quest, atau melewatinya melalui NPC Swift Solution agar kamu bisa mendapatkannya tanpa susah payah. Terdapat lebih dari 100 karakter dalam game ini. Namun sekitar 80 karakter saja yang bisa kamu dapatkan. Baik dari side quest maupun swift solution. Sisanya hanya bisa kamu temukan dengan cara mengeksplorasi dunianya.

Berbeda dari seri sebelumnya dengan random battle yang cukup sering. Pada seri ini, kamu akan melihat monster yang tersebar di penjuru map dan dungeon, dengan masing-masing level agar kamu tak gegabah menyerangnya. Uniknya, jika levelmu lebih rendah atau tidak begitu jauh dari level monster tersebut, maka mereka akan agresif menyerangmu. Sebaliknya, mereka akan cuek bebek bila levelmu terlampau jauh lebih tinggi dari mereka.

Di tengah cerita, kamu akan menemukan skirmish battle. Berbeda dengan battle ala game Suikoden dan game sejenis, skirmish battle akan lebih condong pada action dibanding turn-based. Kamu bisa memerintahkan pasukanmu untuk menyerang, menggunakan ability, hingga membangun bangunan seperti tower.

Higgledy, Minion unik yang Bisa Membantumu

Fitur lain yang ditambahkan adalah Higgledy, yakni minion dengan beberapa kemampuan uniknya. Ia bisa kamu dapatkan di beberapa patung yang tersebar di penjuru dungeon. Untuk mendapatkannya, kamu perlu memberikan apa yang dimintanya. Beberapa Higgledy mampu membantumu saat berada dalam dungeon seperti melompat dengan daun semanggi, hingga membesarkan jamur agar kamu bisa melewati rintangan. Sementara saat battle, Higgledy akan mampu memberikanmu kemampuan seperti shield, healing, hingga menyerang musuh sesuai ability yang dimiliki masing-masing Higgledy.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Dunia yang Indah

Sama seperti game JRPG lainnya, kamu akan mampu menggunakan kapal untuk menjelajahi lautan dan beberapa pulau yang belum terjamah manusia. Penjelajahanmu menjadi semakin luas setelah kamu mendapatkan pesawat.

Di beberapa penjuru map dan dungeon, kamu akan menemukan banyak sekali monster boss bernama tainted monster yang jauh lebih kuat dibanding monster kuat biasa. Monster ini ditandai dengan icon layaknya kepala setan di map. Mengalahkan tainted monster akan berikanmu hadiah seperti senjata langka, hingga item yang tidak mungkin kamu dapatkan dalam kerajaan maupun toko di kota.

Sama seperti seri sebelumnya, fitur trip door masih bisa kamu akses di berbagai penjuru map dan dungeon. Dengan trip door, kamu akan mampu lakukan teleport ke tempat yang ingin kamu kunjungi. Kamu bisa mencari area bercahaya biru untuk menyimpan teleport point.

Berbagai puzzle yang sebenarnya cukup mudah akan sering kamu jumpai di beberapa dungeon, menambah keseruan dan tantangan game yang minim tantangan ini.

Bangun Kerajaanmu

Layaknya Suikoden, kamu bisa membangun kerajaanmu sendiri dalam fitur bernama manage kingdom. Namun berbeda dengan game yang sempat melambungkan nama Konami tersebut, kamu bisa mengatur bangunan mana saja yang ingin kamu bangun.

Meskipun semua elemen baik elemen side quest dan eksplorasi dibuat dengan lebih mudah, namun rupanya sistem manage kingdom lebih rumit dari yang diduga. Kamu bisa membangun lebih dari 50 bangunan dalam kerajaanmu. Setiap bangunan bisa kamu upgrade dengan mata uang kedua bernama Kingsguilders. Upgrade tersebut akan membantumu dalam battle, eksplorasi, hingga skirmish. Beberapa item langka yang susah kamu dapatkan juga akan tersedia di sini. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mencarinya.

Cerita Penuh Moral

Ceritanya mudah diikuti dan penuh pesan tersembunyi di dalamnya. Mulai dari pesan agar tidak menjadi manusia yang tamak, hingga agar tetap menyayangi satu sama lain. Meskipun bagi saya kebanyakan plotnya mudah ditebak, namun menurut saya kisahnya yang tak sarat dengan politik sangat mudah dipahami oleh anak berumur 10 tahun sekalipun. Membuatnya tak hanya menyenangkan, namun sekaligus mendidik bagi semua kalangan.

Musik Fantasy yang Indah

Ni no Kuni II miliki musik bertemakan fantasy yang indah. Kamu bisa menemukan beberapa musik yang diracik sesuai tema dunianya. Sayangnya, hanya sedikit menurut saya musik yang cocok dengan beberapa dungeon maupun kota. Musiknya terlalu banyak yang terlewat entah di tengah-tengah maupun secara keseluruhan. Musik kota Goldpaw misalnya yang awalnya sangat nyaman di dengarkan, namun seketika hancur di tengah-tengah berkat masuknya suara instrument yang kurang begitu cocok didengarkan.

Tak Semuanya Sempurna

Selain musik, beberapa hal lain membuat game ini cukup kurang menarik untuk dinikmati. Cerita utamanya memang dikerjakan dengan sangat rapi, namun beberapa side-questnya justru kurang begitu memberikan pengaruh yang begitu signifikan dalam dunianya. Membuat Level 5 seolah tergesa-gesa mengerjakannya, dan hanya fokus untuk mengerjakan perjuangan Evan, dalam menyatukan negara.

Meskipun side-quest memiliki kisah yang banyak miliki pesan moral, namun kebanyakan dari side quest tersebut, miliki cerita yang sedikit kurang miliki hubungan dengan cerita utama maupun dunianya, dan lebih condong ke permasalahan pribadi NPC masing-masing.

Kesimpulan

Ni no Kuni II hadir dengan cerita menawan dan indah. Hadirkan esensi JRPG fantasy mempesona bagi mata dan perasaanmu di dalamnya. Meskipun musik dan side quest merupakan salah satu kelemahannya, namun kehadirannya merupakan salah satu bentuk kesuksesan Level 5 bawakan JRPG yang imajinatif.

Bagi kamu yang cukup hardcore di game RPG, mungkin kamu akan sedikit komplain karena tingkat kesulitannya yang bisa dibilang mudah untuk game RPG. Namun, sebenarnya game ini memang sengaja dibuat agar mudah dicerna dan menyenangkan untuk dimainkan.

Exit mobile version