Ninja Saga, Game Nostalgia Seru di Awal Populernya Facebook

Ninja Saga

Gamer yang berumur kepala dua tentu sudah familiar dengan game Ninja Saga. Mendengar nama tersebut membuat penulis sedikit terkenang masa lalu ketika masih menjadi penghuni warnet. Ketika itu pengguna medsos tidak seramai sekarang.

Facebook disaat itu hanya sebatas upload foto dan status alay yang bila kita kilas balik, lumayan membuat malu. Belum ada influencer atau apapun yang berbau livestream di Facebook ketika itu. Apalagi reels dan kawan-kawannya.

Game Ninja Saga Facebook Seru yang Dimainkan Bocil Warnet

Game yang pernah populer di zaman 2010an

Namun ada satu hal yang membuat pengalaman bermain medsos terutama Facebook dikala itu sangat menarik. Tentunya adalah hadirnya game Flash yang tersematkan dalam raksasa jejaring sosial Facebook. Namun Ninja Saga ternyata juga sempat hadir di MySpace dan Orkut.

Salah satu game Facebook yang cukup populer pada masa itu adalah Ninja Saga. Bersaing dengan Farmville, Pet Society, Criminal Case, 8 Ball Pool dan sejumlah game lainnya. Ninja Saga adalah sebuah game turnbased berbasis Flash yang mengambil tema, ya bisa kalian tebak, Naruto alias ninja.

Sangat Populer di Indonesia

Ramai dimainkan oleh bocil dan menjadi game langganan di warnet

Dihadirkan oleh Emagist Entertainment Limited, sebuah perusahaan game asal Hong Kong di tahun 2009. Game ini malah populer di Indonesia dengan jumlah pemain yang cukup banyak. Kepopuleran serial anime Naruto mungkin menjadi salah satu alasan mengapa game berbau Naruto selalu populer di tanah air.

Ninja Saga menjadi salah satu alasan mengapa ketika itu anak kecil punya akun Facebook. Mereka tidak mengerti apa itu sosialisasi secara digital. Karena bagi mereka, sosialisasi yang paling asyik adalah waktu mereka di sekolah atau ketika waktu bermain. Makanya penuhlah warnet oleh bocil bermain Ninja Saga. Barulah ketika game yang lebih menarik hadir, seperti Point Blank. 

Perlahan jumlah pemain berkurang. Menyisakan pemain yang memang loyal dan pecinta serial Naruto sejati yang tetap memainkan game ini. Tidak kira-kira, game ini sanggup bertahan lebih dari 10 tahun dan menjadi salah satu game yang cukup tua sebelum akhirnya tutup.

Gameplay Ninja Saga Simpel Namun Bikin Ketagihan

Gameplay turn-based terlihat gampang namun butuh grinding lumayan lama agar karakter jadi

Game-nya sendiri cukup simpel. Kalian hanya perlu menaikkan status karakter kalian dan menyusun sebuah tim yang bisa dibawa untuk melawan musuh. Berbagai jurus serta animasi unik turut meramaikan dan player bisa memasukkan beberapa karakter yang tiap karakter tersebut punya elemen berbeda seperti api, air, tanah, petir, dan angin.

Tidak jarang game ini juga memicu keributan antar bocil di warnet karena saling beradu karakter mana yang lebih kuat. Benar, game ini juga menyediakan mode pvp dimana kalian bisa mengadu power karakter ninja kalian ke sesama. Persaingan ini jadi pemicu semangat player untuk kembali memperkuat karakter mereka jika kalah.

Apa Masih Bisa Download Ninja Saga Sekarang?

Apakah masih ada game Ninja Saga Terbaru?

Sayang sekali jika kalian mencari game aslinya, semua server official sudah ditutup oleh Emagist Entertainment Limited dan kalian hanya bisa memainkan game imitasi saja.

Game Ninja Saga meninggalkan warisan game yang ramah bagi pemain tanah air. Ninja Saga menjadi gerbang bagi anak-anak untuk mengenal lebih banyak game seru. kita yang kini sudah beranjak dewasa tentunya akan mengenang masa-masa itu dimana bermain bersama dan bergembira bersama adalah sesuatu yang teramat ditunggu setiap harinya.

Pada Mencari Game yang Mirip Ninja Saga Pasca Tutup

Ninja Sage merupakan server buatan orang Indonesia pasca tutupnya game legenda ini

Pasca tutup, banyak pemain yang ketagihan dan mencoba Ninja Saga versi lain. Beberapa game yang mirip Ninja Saga seperti Ninja Sage dan Ninja Legends turut hadir meramaikan kancah game browser bertemakan Naruto ini. Sayang sekali game Ninja Saga terbaru harus terkubur bersamaan dengan game original-nya yang sudah usai per 1 Januari 2021 lalu.

Begitulah kilas balik game nostalgia satu ini. Menurut kalian seandainya game ini masih bertahan, akankah bisa bersaing dengan banyaknya game menarik lainnya di tahun 2023 ini? Beri komentar kalian ya?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Nostalgia atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version