Nintendo Berikan Penjelasan Terkait Emulator Dolphin Dihapus di Steam

Nintendo Dolphin Emulator

Nintendo Dolphin Emulator – Beberapa hari yang lalu (30/5), sempat heboh berita mengenai pihak Nintendo memberikan peringatan kepada Valve. Peringatan tersebut terkait keinginan mereka agar memblokir dan menghapus emulator Dolphin dihapus di Steam.

Dan baru-baru ini, pihak Nintendo memberikan penjelasan kenapa Dolphin Emulator harus dihapus di Steam.

Alasan Emulator Dolphin Dihapus di Steam atas Permintaan Nintendo

Emulator bernama Dolphin di Steam harus dihapus atas permintaan Nintendo

Dilansir dari Kotaku, pihak Nintendo memberikan penjelasan secara detail alasan mereka terkait emulator Dolphin beberapa hari yang lalu. Melalui juru bicara mereka, pihak Nintendo mengatakan kalau keberadaan emulator tersebut dapat merugikan pengembangan dan berujung dapat menghambat inovasi.

Selain itu, emulator ini juga telah menggunakan cara ilegal secara praktik untuk dapat mengakses game-game lama milik Nintendo. Berdasarkan informasi yang didapatkan, setiap game Nintendo memiliki semacam key untuk sistem keamanan dan melindungi hak cipta game mereka.

Walaupun program emulasi masih masuk dalam kategori legal, namun memberikan cara untuk membobol melewati sisteam keamanan terhadap setiap game bisa melanggar hak cipta dari Nintendo. Hal inilah yang membuat pengembang Dolphin mendapatkan peringatan dari Nintendo.

Nintendo

Berikut ini pernyataan dari Nintendo melalui perwakilan juru bicara mereka.

“Nintendo berkomitmen melindungi hasil kerja keras dan kreatifitas para pengembang video game dan developer. Emulator ini (Dolphin) telah melakukan cara menghindari langkah-langkah perlindungan dan menjalankan banyak game Nintendo secara ilegal. Menggunakan emulator secara ilegal atau salinan game ilegal dapat merugikan pengembangan dan menghambat inovasi. Nintendo telah menghargai hak kekayaan intelektual perusahaan lain, dan mereka berharap pihak lain juga melakukan hal yang sama.”

Nintendo

Dolphin Emulator Sudah Dihapus di Steam

Emulator sudah dihapus di Steam

Emulator Dolphin sudah tidak tersedia di halaman Steam yang berarti akan mengalami. Itu berarti pihak Valve telah menanggapi peringatan dari Nintendo agar emulator Nintendo Wii dan GameCube tersebut agar dihapus di Steam.

Sementara itu, tim pengembang Dolphin menunjukkan rasa kekecewaannya ketika mengetahui emulator mereka mengalami penundaan perilisan di Steam. Saat ini pihak pengembang masih melakukan investigasi untuk mencari jalan keluar dan tanggapan mereka kedepannya jika Nintendo menindaklanjuti masalah ini lebih lanjut.

Itulah penjelasan dari Nintendo terkait emulator Dolphin harus dihapus di Steam karena telah melanggar DMCA dari game mereka. Mengenai nasib dari emulator Dolphin masih belum diketahui. Mari kita tunggu saja perkembangannya dari Nintendo.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Nintendo, SteamEmulator atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version