Nintendo Kembali Ajukan Tuntutan atas Game Zelda Buatan Fans

in

Nintendo dikenal cukup tegas dalam hal melindungi hak ciptanya. Dan memang sejatinya mayoritas perusahaan jepang selalu tegas akan hal itu. Belakangan ini, TikToker sekaligus streamer Twitch Pokeprincxss sempat viral. Ia terpaksa harus mengubah nama online-nya karena Nintendo menggugat untuk melindungi merek Pokemon-nya. Sekarang, Nintendo mengajukan tuntutan atas game The Legend of Zelda: The Missing Link yang dibuat oleh fansnya.

Dibuat oleh modder bernama Kaze Emanuar, The Legend of Zelda: The Missing Link ditujukan untuk mengisi cerita antara Ocarina of Time dan Majora’s Mask. Kedua game Zelda tersebut masih berada di satu alur cerita yang sama. Akan tetapi, cerita yang menghubungkan antara kedua seri game tersebut masih menjadi misteri. Fatalnya, game tersebut dibuat menggunakan aset original dari game Zelda di Nintendo N64, dari model 3D, peta, dan musik yang dibuat ulang.

Sayangnya, link GitHub game tersebut telah dihapus, dan pihak Nintendo menyatakan bahwa “Nintendo telah meninjau materi yang dilaporkan dan tidak memenuhi syarat sebagai penggunaan wajar dari karya Nintendo yang dilindungi hak cipta.”. Link yang disisipkan di beberapa situs seperti YouTube juga telah dihapus dengan alasan yang sama.

Meskipun para fans mungkin tidak suka hal-hal seperti itu, bagaimanapun itu adalah hak Nintendo. Banyak orang yang membandingkan hal itu dengan apa yang dilakukan Sega. Bagaimana Sega menangani karya yang dibuat fansnya, seperti beberapa mod Sonic the Hedgehog, dengan merangkul fans dan mempromosikannya. Bahkan Sega  berani memberikan kesempatan kepada fans pembuat games untuk bekerja di perusahaannya.

Bagaimana menurut kalian? Apakah Nintendo telah melakukan langkah yang tepat untuk para fansnya? Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya!

Sumber: Game Rant


Editor: Andy Julianto

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Nintendo atau artikel keren lainnya dari ClassyBranch. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Yuda Sanjaya

Written by Yuda Sanjaya

Person who Comeback to the Gaming world after 4 years get out to find the meaning of life.