Nintendo Klaim Switch OLED Hadir dengan Joycon Lebih Baik, Namun Masalah “Drifting” Tetap Terus Menghantui

Nintendo Switch Oled Joy Con

Dengan perilisan model OLED baru, Nintendo sebut kalau Joycon telah mendapatkan peningkatan baru. Namun tak berarti ini menjadi akhir dari kasus drifting yang telah menghantui pengguna Switch sejak perilisan awal di tahun 2017.

Joycon drifting ialah masalah dimana analog mulai “bergerak sendiri” di console tanpa pemain menyentuhnya. Hal ini biasanya dikarenakan oleh debu atau penggunaan yang intens secara terus menerus.

Nintendo menjelaskan bahwa perubahan telah dilakukan pada Joycon yang hadir pada model OLED, utamanya pada bagian internal dari analog. Tak dijelaskan secara detil akan perubahan apa yang telah dilakukan, namun mereka yakin bahwa Joycon baru akan lebih baik dan tahan lama dari iterasi terdahulunya.

“Analog-stick secara terus menerus ditingkatkan sejak rilis, dan kami masih terus melakukan peningkatan. Analog-stick pada awal rilis telah lulus tes ketahanan Nintendo menggunakan metode memutarkan stick secara terus menerus sambil memberikan tekanan terhadapnya, hal serupa telah diterapkan seperti pada gamepad Wii U,” ungkap Toru Yamashita, Deputy GM dari Nintendo.

“Kami terus memerhatikan Joycon yang digunakan oleh konsumen dan terus meningkatkan ketahanan pakai serta durabilitasnya.”

Yang menjadi pertanyaan besar ialah apakah kasus drifting akhirnya akan tuntas? Menurut Ko Shiota, hal tersebut mustahil untuk tidak terjadi.

“Ya, sebagai contohnya ban mobil akan aus semakin mobil dikendari, itu karena gesekan kontan dengan tanah selagi berputar. Premisnya sama [dengan Joycon], kita terus mempertanyakan diri kami bagaimana kami dapat terus meningkatkan durabilitas, tak hanya itu, tetapi juga bagaimana operabilitas dan durabilitas dapat saling berdampingan satu sama lain? Itu menjadi hal yang terus kami atasi.”

Maka dari itu, Joycon drift mungkin akan menjadi sesuatu yang terus menghantui pemilik Switch. Namun kita lihat saja seberapa tahan lama edisi Joycon baru yang dikeluarkan Nintendo setelah peluncuran edisi OLED sekarang.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version