Nintendo Matikan Proyek Fangame FPS Berburu Pokemon

Pokemon Fps Fan Made Game

Beberapa hari silam, seorang user Reddit bagikan proyek kecilnya yaitu game Pokemon yang dibuat dengan Unreal Engine. Namun berbeda dengan game Pokemon pada umumnya yang dimana pemain berteman dan mengumpulkan Pokemon yang beredar, game garapan fans atas nama Dragon_GameDev2 ini justru membiarkan pemain menembak para pokemon tersebut.

Bisa dibilang proyek fangame ini menjadi kebalikan dari game spinoff Pokemon Snap dimana ketimbang memotret para Pokemon yang kamu lewati, kamu justru menembaki mereka hingga tak bernyawa lagi dengan kumpulan senjata api.

Dengan premis yang dapat dibilang nyeleneh dari konsep asli Pokemon, video yang dibagikan oleh Dragon_Gamedev2 viral di Youtube dan Reddit mendadak viral di tengah komunitas game tersebut. Dan seperti yang kamu harapkan ketika sebuah proyek fangame menarik perhatian netizen, Nintendo langsung ikut turun tangan.

Tak lama setelah popularitas FPS Pokemon ini, Nintendo tampaknya telah mengirim “surat cinta” ke developer di balik proyek tersebut karena banyak video yang ia unggah telah dihapus. Hanya sebagian yang masih dapat kamu temukan di Reddit dan sebagian di antarnya ialah reupload dari user lain.

Nintendo memang dikenal sebagai perusahaan yang benar-benar agresif terhadap proyek buatan fans terhadap IP milik mereka. Telah banyak proyek fan mau itu game, film pendek, dan lain-lainnya yang telah dimatikan oleh Nintendo tak lama setelah popularitasnya naik. Namun meski dengan reputasi buruk perusahaan terhadap kreasi buatan komunitas ini, masih terus bermunculan proyek semacam ini yang seakan tak peduli lagi jika bakal dikirim surat cinta, mereka hanya begitu mengapresiasi game-game yang dibuat oleh perusahaan tersebut dan ingin memperlihatkannya ke dunia lewat ide mereka sendiri.

Pada akhirnya, banyak fans yang mengerjakan proyek semacam ini meminta netizen untuk tidak membesar-besarkannya atau juga tidak membagikan link unduh karya mereka secara publik untuk menghindari takedown. Port PC dari Super Mario 64 yang dibuat oleh fans masih terus aktif hingga saat ini, namun eksistensi dan cara untuk mengunduhnya akan memerlukan proses yang begitu dalam hingga mencapai titik kamu harus saling DM (direct message) orang-orang tertentu agar kebagian file untuk mainkan game tersebut di PC tanpa emulator.

Kembali ke urusan Dragon_Gamedev2, dia tidak memberikan pengumuman apapun atas situasi ini. Namun tanpa harus ia menjelaskan apa yang terjadi, netizen telah dapat menebak kalau aksi penghapusan yang ia lakukan itu dikarenakan dorongan dari pihak Nintendo.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version