Nintendo Menangkan Tuntutan Atas Pelaku Penyedia ROM Bajakan

in ,

Resmi diganjar denda belasan juta dollar.

Nintendo nampaknya adalah pihak industri video game yang paling begitu getol dalam memerangi pembajakan. Pada beberapa bulan kemarin, mereka telah resmi menuntut 2 laman penyedia ROM emulator gratis di internet seperti LoveROMS.com dan LoveRETRO.co. Bahkan aksi yang dilakukan oleh pemilik franchise Super Mario itu pun sudah dirasa cukup untuk membuat website lain yang belum sempat terjaring seperti Emuparadise trauma, dan langsung menutup layanan pendownloadan game di situsnya.

Emuparadise mungkin setidaknya harus mencoba bersyukur atas keadaan mereka saat ini jika dibandingkan dengan nasib dari pemilik website LoveROMS atau LoveRETRO. karena para operator dari kedua website penyedia ROM bajakan tersebut sudah resmi dibuat babak belur oleh Nintendo lewat satu putusan hukum yang sudah ditetapkan oleh pihak pengadilan.

Situs LoveROMS yang sudah dimatikan oleh Nintendo

Diputuskan langsung oleh pihak pengadilan federal di Arizona melalui lansiran Torrentfreak, Jacob Mathias bersama dengan istrinya selaku pemilik website resmi dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman denda sebesar $12.230.000. Website kepunyaan mereka saat ini juga telah resmi dimatikan dan Jacob sudah memberi pengakuan atas kesalahan yang sudah diperbuatnya. Ia sendiri sebisa mungkin ingin bertindak kooperatif kepada Nintendo dengan tidak memperpanjang masalah secara lebih lanjut.

Putusan akhir dari pihak pengetok palu untuk kasus LoveROMS dan LoveRETRO

Meskipun begitu, Jacob bersama istrinya memang tetap tidak bisa lepas dari jeratan hukum lewat denda 12 juta yang diterima. Angka tersebut nampaknya juga menjadi semacam wanti-wanti kepada pihak lain untuk jangan lagi mendistribusikan ROM game secara ilegal di dunia maya.

Dari kejadian ini, semoga Nintendo bisa mulai berinisiatif untuk memberi akses kepada para penggemar yang ingin bernostalgia dengan game-game lama mereka secara lebih halal dan layak. Karena itulah hikmah yang sepertinya harus Nintendo sadari sebagai salah satu pelaku industri video game tertua saat ini.

Sumber: Torrentfreak

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]